Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Diajukan

Memo Timur - Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Lumajang sudah diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Selanjutnya akan dilakukan pembahasan pada rapat paripurna. 
http://www.memolumajang.com/


Rencananya, rapat paripurna pertama akan dilakukan pada hari Jum’at (18/8). Agendanya, pembacaan nota penjelasan Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag terhadap Raperda yang diajukan. Selain Raperda di atas, ada 4 Raperda lagi yang diajukan.

Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah adalah untuk mengatur ketentuan lebih lanjut mengenai kedudukan, susunan organisasi, tugas, fungsi, serta tata kerja di bawahnya. Kemudian ditetapkan lebih lanjut dengan Peraturan Bupati (Perbub). Arkeolog Temukan Bata Ukiran Gajah Peninggalan Zaman Majapahit

Dalam draf Raperda yang diterima Memo Timur, ada perubahan susunan perangkat daerah yang tujuannya untuk perampingan jumlah perangkat daerah. Hal ini sesuai dengan aturan Peraturan Pemerintah (PP) No. 18 tahun 2016. Ditambah dengan dari hasil konsultasi dan verifikasi tentang perubahan perangkat daerah bersama Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur.

Hasilnya, rencananya organisasi perangkat daerah terbagi ke dalam 6 jenis, diantaranya Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, Dinas, Badan, dan Kecamatan. Untuk dinas hanya akan ada 14 saja, Badan ada 3, dan Kecamatan tetap 21. Jelang Idul Adha, Lakukan Pencegahan Cacing Pita Hewan Kurban

Jumlah ini sesuai dengan hasil pemetaan yang dilakukan oleh Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur pada setiap-setiap urusan pemerintahan. Dari pemetaan tersebut akan dinilai dan diverifikasi untuk menentukan jenis dan tipe urusan pemerintahan.

Kepala Bagian Organisasi, Agus Triyono mengatakan, rencana perubahan organisasi perangkat daerah ini kemungkinan besar masih bisa berubah. Saat paripurna nanti, DPRD masih bisa mengusulkan perubahan jika ada ketidaksesuaian rencana. Kembangkan Potensi Desa Wisata, Infrastruktur Gunung Tambuh Dibangun

“Masih bisa berubah pada pembahasan paripurna nanti,” jelasnya.

Sementara Kepala Bagian Hukum, Ahmad Taufik Hidayat, S.H, masih belum bisa dimintai keterangan terkait 4 Raperda lainnya yang juga ikut diajukan ke dewan untuk dibahas. Memo Timur yang sempat menghubungi via telepon selulernya, tidak dijawab. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: