Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Perhutani Keluarkan Aturan Pembagian Fungsi Lahan

Lumajang, Motim - Kepala Perhutani Lumajang  Muchlisin, S.Hut menyebutkan banyak lahan hutan di Lumajang yang sudah beralih fungsi seperti menjadi lahan pertanian dan perkebunan. Contohya banyak ditemukan di Kecamatan Tempursari, banyak lahan yang sudah dialihfungsikan menjadi kebun pisang.
Memo Timur Lumajang

Agar tidak bertambahbanyak lahan yang dialihfungsikan, Perhutani mengeluarkan aturan terkait pembatasan alihfungsi lahan ini. Dimana petani harus mebagi fungsi lahan yang dimiliki.

 “Jika masyarakat memliki dua hektare misalkan, satu hektare harus ditanami tanaman pohon,” katanya.
Tidak mudah untuk membuat masyarakat sadar betapa pentingnya fungsi hutan. Untuk itu, perlahan Perhutani melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait hal ini. Karena masalahnya mereka yang sudah memanfaatkan puluhan tahun lahan tersebut.

“Banyak yang sudah beralih fungsi itu. Kami dekati para petaninya dan kami juga himbau agar tidak mengubah fungsi hutan,” ujarnya.

Kebijakan ini mulai disosialisasikan pada masyarakat di Tempursari. Tentunya dengan bantuan LMDH dan beberapa pihak terkait. “Kalau semua ditanami pisang, bukan hutan lagi jadi kebuh itu,” tambahnya.
Dia berharap dalam hal ini masyarakat mau bekerjasama agar kawasan hutan mampu berfungsi sebagaimana mestinya. Manjadi hutan yang menyediakan air bagi kehidupan sekitar dan menjadi lahan yang bisa mencegah terjadinya bencana. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: