Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Sidang dugaan pelanggaran penyiaran TV Kabel berlangganan yang dilakukan oleh 3 terdakwa Budi Suroso, Yoyon dan Darsono,  kembali digelar di Pengadilan Negeri Lumajang Rabu (5/7) sekitar pukul 15.00 Wib.
Memo Timur Lumajang


Tetapi, sidang yang dipimpin oleh hakim ketua Aris Dwihartoyo, SH hakim anggota Otto Edwin, SH, MH dan Gugun Gunawan, SH, MH  berlangsung hanya beberapa menit saja, kemudian oleh ketua majelis hakim ditutup  dan ditunda pada Rabu (12/7) mendatang.

Informasi yang diperoleh Memo Timur sidang ditunda, dikarenakan beberapa saksi dari 3 terdakwa untuk didengar keterangannya tidak hadir dalam persidangan. Pada sidang Rabu mendatang majelis hakim meminta Jaksa Penuntut Umum (JPU) bisa menghadirkan para saksi.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Lumajang Wahyu Hidayatulloh, SH saat dikonfirmasi Memo Timur menjelaskan, sidang untuk yang pertama adalah sidang dibuka untuk mendengar dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Setelah itu diberikan kesempatan terhadap 3 terdakwa untuk menanggapi dakwaan yang dibacakan oleh JPU. “Apabila terdakwa mengajukan eksepsi, maka terdakwa hanya diberikan waktu 1 minggu untuk menanggapi dakwaan itu Mas,”katanya.

Kerjasama Tempat Wisata di Lahan Perhutani akan Dievalusi

Jika terdakwa tidak mengajukan eksepsi, maka sidang dilanjutkan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi-saksi. Setelah itu dilanjutkan dengan mendengar keterangan ahli. Baru kemudian diberikan kesempatan kepada terdakwa untuk mengajukan saksi meringankan.

Apabila terdakwa tidak mengajukan saksi yang meringankan, maka sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan terhadap terdakwa. Setelah proses pemeriksaan selesai, terdakwa kembali diberikan kesempatan untuk menanggapi  tuntutan JPU dengan mengajukan plidoi.

Jika terdakwa mengajukan plidoi, JPU juga diberikan kesempatan untuk menanggapi plidoi terdakwa. Setelah JPU memberikan tanggapan plidoi, baru kemudian kewenangan beralih pada majelis hakim untuk memberikan putusan.

“Sidang kali ini baru memasuki sidang dengan agenda mendengar keterangan saksi-saksi. Tapi, kembali ditunda karena para saksi tidak hadir,” tegasnya.(cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: