Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Selama 5 Bulan, ZIS Terkumpul Rp 1,8 M

Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lumajang, selama 5 bulan terakhir di awal Tahun 2017 terhitung mulai  awal Januari hingga akhir Mei, berhasil mengumpulkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) sebesar 1, 8 milyar.
Memo Timur Lumajang


Ketua Baznas Drs. H. Affandi Latief Asnawi, MH melalui wakil ketua dua H. Karmat kepada sejumlah media pada Rabu (5/7) di kantornya mengatakan, berkat kekompakan dan kerja keras Baznas bersama Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang ada di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemerintah Kabupaten Lumajang hanya dalam waktu 5 bulan saja, Baznas Lumajang berhasil mengumpulkan ZIS sebesar 1,8 Miliar.

UPZ itu sendiri dibentuk untuk membantu Baznas dalam proses pengumpulan ZIS di masing-masing SKPD yang ada bertujuan agar supaya perolehan pada setiap Tahunnya terus meningkat dan lebih optimal lagi.

Setelah ZIS itu terkumpul, maka tugas selanjutnya dari UPZ  mengirimkan perolehan ZIS tersebut ke Baznas. Proses pengiriman itu sendiri kata H. Karmat ada 2 metode, yakni melalui pengiriman via rekening Baznas juga bisa melalui sistem penjemputan petugas khusus Baznas.

“Misalkan UPZ khawatir soal keamanan karena jumlahnya ZIS yang diperoleh cukup besar, maka petugas khusus Baznas bisa melakukan penjemputan langsung ke UPZ bersangkutan Mas,” tuturnya.

Saat ditanya apakah optimis dalam sisa waktu 7 bulan kedepan Baznas Lumajang bisa mengumpulkan ZIS sebesar 5 Miliar sesuai yang targetkan, H. Karmat menyampaikan optimis bisa. Apalagi jika melihat hasil pengumpulan ZIS 5 bulan di awal tahun sudah mengalami peningkatan yang luar biasa.

“Di akhir Tahun 2017 nanti, Baznas Lumajang kami pastikan bisa mengumpulkan ZIS sebesar 5 Miliar sesuai target. Tahun 2016 kemarin Baznas bisa mengumpulkan ZIS sebesar 4,6 Miliar. Apabila melihat kesadaran para Muzaki belakangan ini terus meningkat, sangat optimis bisa Mas,” katanya.

Masih kata H. Karmat untuk sementara ini Baznas masih terus gencar melakukan sosialisasi ZIS hanya di lingkup SKPD pemkab Lumajang termasuk lembaga pendidikan mulai dari tingkat SD/MI, SMP, MTs/SMA/SMK/MA bekerja sama dengan UPT Pendidikan yang ada di Kecamatan se Kabupaten Lumajang.

Guna memaksimalkan perolehan ZIS di Tahun 2017 ini, Baznas Lumajang juga gencar melakukan sosialisasi ZIS di beberapa perusahaan besar yang ada di Lumajang. “Alhamdulillah, mendapat respon dan dukungan penuh dari pimpinan beberapa perusahaan besar itu. Makanya kami semakin optimis target Baznas bisa tercapai,” tegas H. Karmat. (cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: