Ad

Memo Timur Lumajang
29 August 2017

Banyak Desa Kebingungan untuk Bentuk Bumdes

Posted by on 29 August 2017

Lumajang, Motim - Salahsatu persiapan untuk Program Mahadesa adalah, desa harus ada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Namun sejauh ini hanya ada sejumlah desa saja yang telah memiliki Bumdes, masih sangat banyak yang belum membentuknya.
memo timur lumajang


Ketua AKD Lumajang, Suhanto mengatakan, hingga saat ini masih ada banyak desa yang kesulitan atau terkendala dalam pembentukan Bumdes. Pasalnya Bumdes yang notabanenya sebagai sumber pendapatan desa, harus ada potensi desa yang dikelolah.

Sejauh ini, masih banyak desa yang kebingungan untuk menetapkan apa potensi yang dimiliki yang bisa menjadi sumber pendapatan desa dan dikelolah dalam Bumdes. “Kita harus mencari potensi yang menjadi primadona di desa,” katanya.

Memang untuk beberapa desa yang sudah kaya dengan potensi alam, seperti wisata dan hasil alam, akan dengan mudah menetapkan sumber pendapatan mereka. “Tapi bagi desa lain mungkin masih mencari-cari dulu,” ujarnya.

Sementara dalam pelaksanaan Mahadesa yang direncanakan, memang masih banyak desa yang belum siap. Apalagi dari kesiapan adminitrasi. Karena jika dalam menjalankan porgram itu, biaya dibebankan pada desa melalui ADD dan DD tentu membuat kades berpikir dua kali.
Komplotan Curanmor Sayit Cs Diringkus Petugas
“Karena untuk intervensi penggunaan dana itu tidak boleh,” ucapnya.

Sampai saat ini, pihak desa bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Lumajang untuk menjadi mitra dalam memberikan arahan dan konsultasi hukum penggunaan DD dan ADD. Karena dikhawatirkan ada kesalahan yang berujung pada pidana.

“Dikhawatirkan ada kesalahan yang berakibat fatal. Sehingga sejak awal sudah diantisipasi oleh Kejaksaan,” pungkasnya. (fit)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top