Ad

Memo Timur Lumajang
20 August 2017

Tingkatkan Produktifitas Pertanian dengan Alsintan

Posted by on 20 August 2017

Lumajang, Motim - Demi mensukseskan swasembada pangan di Kabupaten Lumajang, perlu adanya pendampingan atau pengawalan bagi petani. Seperti yang dilakukan Pemkab Lumajang melalui Dinas Pertanian.
memo timur lumajang

Bersama dengan Kodim 0821 Lumajang, para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Pule Makmur di Desa Labruk Kidul Kecamatan Sumbersuko diberikan pelatihan alat dan mesin pertanian (Alsintan).
Pembunuh Heri Jumadi Ditangkap Resmob di Samarinda
Kepala Dinas Pertanian, Ir. Paiman mengatakan, upaya ini guna meningkatkan produktivitas hasil pertanian sekaligus kesejahteraan petani. Ia juga mengatakan bahwa juga diberikan pelatihan dan pengenalan mekanisasi tanam padi pola tanam jajar legowo. Pelatihan ini juga bersama dengan pihak ketiga, yakni PT. Rutan, PT. Corin dan PT. Javatex.

Dengan pemanfaatan Alsintan secara optimal, diharapkan akan sangat membantu memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para petani di lapangan. Sehingga diharapkan para operator dapat meningkatkan kinerjanya dalam mengoperasikan, merawat dan memelihara Alsintan yang dikelola dalam kelompoknya masing-masing,” harap Paiman.

Sementara itu, Supervisor PT. Corin, Shodiqin mengatakan pelatihan pengunaan Alsintan khususnya Indo Jarwo Transplanter memang sudah menjadi kewajiban untuk mengajari petani untuk memanfaatkan mesin rancangan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

''Petani masih asing dengan cara pemakaian alsintan ini. Jadi, dengan adanya pelatihan ataupun bimbingan yang kita ajarkan tentu semua alsintan yang telah disalurkan oleh pemerintah kepada kelompok tani bisa di manfaatkan, sehingga tidak mangkrak jadi bahan rongsokan,'' katanya.

Setelah semua transplanter ini tersuplai pada kelompok tani, pihaknya akan turun ke lapangan lagi untuk memberikan pelatihan tentang tatacara pengunaan transpalnter ini. Ia menambahkan, petani Indonesia memang sudah saatnya harus mengunakan mekanisasi canggih seperti negara luar yang tidak lagi mengharapkan tenaga manusia.
Komplotan Begal Mengendarai Mio Merah Ece-Ece Polisi
“Sehingga proses penanaman padi di sawah menjadi lebih cepat dan hasilnyapun menjadi meningkat,” katanya.

Mesin transplanter ini didesain dengan menggunakan metode tanam jajar legowo volume 2:1. Metode tanam jajar legowo merupakan salah satu metode yang direkomendasikan Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produktivitas padi.

“Jadi, sudah saatnya petani mengunakan mekanisasi ini,” jelasnya. (fit)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top