Hot News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Pemerintahan

Peristiwa

Publik

Olahraga

Wisata

Pendidikan

Kriminal

» » » » 7 Desa Mulai Terapkan Adminitrasi Online

Lumajang, Motim - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang, Patria Hastiadi, AP, M.SI mengatakan keberadaan teknologi informasi saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Mengingat berbagai informasi dan perkembangan teknologi terus berkembang pesat.
memo timur lumajang


Hal ini tentunya perlu dikembangkan di seluruh pelosok negeri termasuk desa dengan menggunakan Aplikasi Sistem Administrasi Desa (ASAD) yang berbasis web/online. Melalui aplikasi ini, juga untuk penguatan kualitas pelayanan publik desa.

Dengan adanya aplikasi ini, data-data dan dokumen surat menyurat untuk pelayanan publik desa akan lebih akurat dan cepat didapat, sehingga kualitas pelayanan publik desa meningkat. “Ini sangat bermanfaat, bagi pemerintah desa dan juga pemerintah daerah,” katanya.

Untuk sementara memang tidak semua desa bakal menerapkan sitem ini. Untuk yang mengawali atau uji coba, ada 7 desa lebih dulu yang akan menerapkan. Desa tersebut diantaranya Pasirian, Kalibendo, Gondoruso, Condro, Pakel, Wonokerto dan Gucialit.

“Kita bekerjasama dengan KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) untuk 7 desa rintisan ini,” ucapnya.

Lanjutnya, aplikasi ini nantinya akan menjadi kewajiban bagi seluruh desa. “Karena mau tidak mau tuntutan teknologi informasi dalam administrasi penyelenggaraan pemerintahan harus kita ikuti,” terangnya.

Dengan pengembangan sistem ini, Patria berharap proses penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan di tingkat desa bisa meningkat. “Kalau desa sudah semakin siap, lebih maju dengan memakai sistem ini,” ujarnya.
  1. Diduga Gagal Perkosa Mawar, PU Kabur Bugil Tengah Malam
  2. Tidak Ada Siskamling, Maling Makin Makmur
  3. Cegah dan Minimalisir Pungli, Zona Integritas Dibuat 
Melalui aplikasi ini pula nanti lebih mempermudah dalam perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan, dan mempertanggungjawabkannya. Serta seluruh kegiatan pemerintahan di desa akan mudah terakses dan diinformasikan.

“Termasuk jaring aspirasi masyarakat, promosi potensi daerah dan juga bisa bersinergi dengan program-program lain dari berbagai macam bidang pembangunan melalui sistem ini,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: