DD dan ADD Harus Dikelolah Secara Efektif dan EfesienMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
4 September 2017

DD dan ADD Harus Dikelolah Secara Efektif dan Efesien

Posted by on 4 September 2017

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag., mengungkapkan, bahwa keterbukaan kinerja dalam pengelolaan keuangan desa selalu diamati dan dipantau oleh BPK RI. Hal itu disampaikan bupati saat membuka Bimbingan Teknis Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), di Aula BKD Kabupaten Lumajang pada waktu lalu.
memo timur lumajang


Lanjutnya, dalam mengelola uang DD dan ADD yang berjumlah besar agar efisien, maka diperlukanlah bimtek siskeudes. Ia memperingatkan, bahwa kinerja dalam mengelola keuangan desa juga selalu diamati oleh masyarakat.
Maraknya Curwan Disoroti Sejumlah Organisasi
BPK RI, BPKP, dan Pemkab Lumajang sudah berupaya memberikan pembinaan dalam pengelolaan keuangan daerah. Hal ini dikarenakan Pemkab Lumajang menginginkan untuk mewujudkan tata kelola pemdes yang baik, meningkatkan pembinaan, dan pengawasan pengelolaan keuangan desa.

Bupati mengharapkan seusai bimtek, peserta segera mengimplementasikannya di pemerintah desa. APBN dan APBD sebenarnya mencukupi jika pengelolaan keuangan mau bekerja dengan baik.

“Ternyata APBN, APBD bertahun-tahun ini kita hanya menumpuk di orang-orang tertentu. Terjadi ketidak efisiensian penyusunan perencanaan pengelolaan keuangan. Jangan ada perangkat desa yang menjadi tukang ‘nggembosi’!,” katanya dalam acara yang dihadiri anggota BPKP Provinsi Jawa Timur, Drs. Watono, AK.

Semantara itu, Kepala DPMD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, AP., M.Si., melaporkan bahwa kegiatan bimtek digelar sebagai bentuk pembinaan dan pengawasan pemkab ke pemdes. Khususnya dalam hal tata kelola keuangan desa, sesuai dengan Pasal 112 Ayat 1 UU No 6 tahun 2014 tentang desa.
Pembunuh Heri Jumadi Ditangkap Resmob di Samarinda
Ia berpesan agar seluruh desa se-Kabupaten Lumajang di tahun 2018, APBDes harus membuat perencanaan penganggaran untuk menunjang pelaksanaan sistem keuangan desa di daerah masing masing.

“Selain itu, bulan Januari 2018 nantinya akan ada launching Aplikasi Sistem Adminitrasi Desa (ASAD) yang di dalamnya juga ada aplikasi untuk mengelola sistem keuangan desa salah satunya,” ujarnya. (fit)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top