Ad

Memo Timur Lumajang
14 September 2017

Komisi B Banyak Temukan Jual Beras Tak Sesuai HET

Posted by on 14 September 2017

Lumajang, Motim - Komisi B DPRD Lumajang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah toko, terutama toko modern. Sidak kali ini fokus pada harga jual beras di tingkat eceran. Ternyata, Komisi B menemukan banyak toko yang menjual beras dengan harga tinggi.
memo timur lumajang

Toko tersebut, tidak menjual beras sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Saat ini HET yang ditentukan oleh pemerintah melalui Permendag 57 Tahun 2017 untuk beras jenis premium di pulau Jawa Rp. 12.800,- perkilogram.

Namun nyatanya, banyak toko menjual dengan harga di atasnya. Bahkan mencapai Rp. 14 ribu perkilogram. Temuan ini kemudian disampaikan kepada Pemkab Lumajang, agar dinas terkait segera memberikan teguran.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Lumajang H. Akhmat ST, mengatakan, penjualan dengan harga di atas ini tentunya sudah sangat jauh melebihi HET. Sehingga bisa merugikan masyarakat jika harus kemahalan membeli kebutuhan pokok yang satu ini.

“Kasihan masyarakat kalau sampai harga segitu,” terangnya.

Selanjutnya, pihaknya juga akan langsung rekomendasikan kepada Dinas Perdagangan Lumajang untuk segera turun tangan terkait masalah ini. H. Akhmat juga mengatakan karena terkait HET sudah diatur pemerintah, maka siapapun yang akan menjual produk beras ini harus mengacu kepada aturan yang berlaku.
  1. Diduga Gagal Perkosa Mawar, PU Kabur Bugil Tengah Malam
  2. Buron 3 Bulan, Pelaku Penganiayaan Dibekuk 
  3. Diberi Pil Koplo dan Miras, Siswi SMK Diduga Digilir
“Ini negara hukum, maka ketentuan hukum itu harus diikuti. Jangan sampai tidak. Kalau mereka menjual semaunya sendiri, maka saya akan minta kepada dinas yang terkait masalah ini agar melakukan tindakan tegas,” tegasnya.

Selain itu dirinya juga meminta masyarakat juga ikut berperan aktif, menginformasikan kepada pemerintah melalui dinas teknis. “Pemkab Lumajang juga harus sering melakukan pengawasan terhadap HET beras di Lumajang,” pungkasnya. (fit)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top