Ad

Memo Timur Lumajang
10 September 2017

Pastikan Anak Sehat Sebelum Diimunisasi MR

Posted by on 10 September 2017

Lumajang, Motim - Program Pemerintah Imunisasi Measles Rubella (MR) masih berlangsung. Dinas Kesehatan Lumajang menghimbau kepada masyarakat, utamanya orangtua agar anaknya mendapatkan imunisasi MR ini.
memo timur lumajang

Hal ini dikarenakan, imunisasi ini sangat penting bagi tumbuh kembang si anak. Imunisasi untuk mencegah penyakit berbahaya dan beresiko tinggi seperti campak dan gembol. Penyakit ini bisa menular pada orang dewasa. Namuan melalui imunisasi, diharapkan bibit penyakit sudah ditangkal sejak dini.
Diberi Pil Koplo dan Miras, Siswi SMK Diduga Digilir
Namun sebelum anak diimuniasi, pastikan dulu kondisi anak benar-benar sehat. Kepala Dinkes Lumajang dr. Triworo menyampaikan, anak yang sakit tidak boleh diimuniasi. Sehat dan tidaknya anak juga tidak semua mampu didiagnosa sempurna oleh petugas, untuk itu perlu informasi dari anak atau orang tua mengenai kondisi kesehatannya.

“Jika anak sakit. Tubuhnya panas, atau demam. Harus ditunda dulu untuk imunisasinya,” katanya pada sejumlah awak media, Sabtu (9/9). Sedangkan untuk penderita HIV tidak boleh menerima imunisasi.

Sementara menanggapi meninggalnya Sarifah, anak usia 11 tahun yang diduga meninggal pasca imunisasi, Triworo meluruskan, jika kematiannya bukan karena dari imunisasi. Melainkan karena sakit yang sudah diderita sebelumnya oleh siswi kelas 5 SD Jogoyudan 2 itu.

Triworo menjelaskan, dalam kegiatan imunisasi di SD Jogoyudan itu, petugas sudah menghimbau jika yang sakit tidak diimunisasi dulu. Namun Sarifah yang saat itu kondisinya terlihat sehat, bersedia untuk diimunisai. Petugas juga mengira jika Sarifah sehat, karena tidak ada gejala sakit sepeti panas pada anak.
Pembunuh Heri Jumadi Ditangkap Resmob di Samarinda
“Saat disuntik itu tidak panas anaknya,” ujar Triworo.

Dari informasi orang tua yang diterima Triworo, memang sebelumnya anak menderita sakit. Karena sudah terlihat sehat, maka tetap masuk sekolah dan imunisai. “Kita taunya ketika orangtua menceritakan pada kita saat kita ke rumah duka,” ujarnya. (fit)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top