Ad

Memo Timur Lumajang
16 September 2017

Polres Lumajang Temukan Ladang Ganja di Pronojiwo

Posted by on 16 September 2017

Lumajang, Motim - Petugas gabungan Polres Lumajang bersama TNI menemukan ladang ganja di kawasan hutan lindung wilayah Perum Perhutani yang terletak di petak A1 wilayah Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo. Diduga ratusan tanaman ganja ini sengaja ditanam di tengah hutan oleh pelaku narkoba untuk mengelabuhi petugas.
memo timur lumajang

Kasat Reskoba Polres Lumajang, AKP Prio Purwandito, SH ketika dikonfirmasi Memo Timur, Jum'at (15/9) menjelaskan ladang tanaman ganja ditemukan bermula dari laporan masyarakat pencari kayu menemukan ratusan tanaman mirip daun ganja terletak di petak A1.

Atas laporan masyarakat itu, Sat Reskoba berkoordinasi dengan semua unsur jajaran Polres Lumajang termasuk Polsek Pronojiwo juga Koramil setempat, lalu bersama-sama menuju lokasi sesuai laporan masyarakat.
  1. Diduga Gagal Perkosa Mawar, PU Kabur Bugil Tengah Malam
  2. Musim Kemarau, Gunung Semeru dan Lemongan Waspada Kebakaran
Jarak menuju lokasi cukup jauh, medan jalan cukup terjal sehingga butuh waktu kurang lebih sekitar 3 jam untuk sampai di lokasi. Setelah masuk ke dalam petak A1, pihaknya dibuat kaget ketika melihat di sekitar lahan yang penuh semak-semak banyak tanaman mirip ganja.

Tak mau daun diduga ganja ini menyebar di tengah masyarakat yang bisa menimbulkan permasalahan baru, apalagi narkoba merupakan atensi pimpinan yang harus diberantas, pihaknya langsung mengamankan ratusan tanaman ganja tersebut dengan cara dicabuti hingga bersih, lalu diboyong menuju ke Mapolres Lumajang.

“Untuk di petak A1 sudah tidak ada tanaman ganja lagi, kami sikat habis,” tuturnya. Tanaman ganja yang diperkirakan berumur antara 3 dan 4 bulan ini tingginya bervariasi ada yang lebih dari 100 centi meter ada juga yang kurang dari 100 centi meter. Apabila melihat kondisinya, tanaman ganja ini belum pernah dipanen.

“Jumlah tanaman ganja yang diamankan sekitar 195 pohon. Sudah kami lakukan pemeriksaan di Laboratorium Forensik Polda Jatim hasilnya murni bahwa tanaman itu adalah ganja,” ujarnya.

Khawatir masih ada banyak lagi tanaman ganja di sekitar hutan lindung di wilayah Kecamatan Pronojiwo, dalam waktu dekat pihaknya bersama petugas gabungan kembali akan melakukan blusukan ke beberapa wilayah hutan lindung berdekatan sebagai upaya Lumajang terbebas dari masalah ganja.
    1. Sepi, Motor Vario Guru SD Amblas Dibegal
    2. Resmob Tangkap Penadah Barang Curian
      Prio Purwandito juga menyampaikan ada beberapa orang yang diduga sebagai pelaku sekaligus pemilik tanaman ganja tersebut. Namun, kebenarannya masih dalam penyelidikan Tim Khusus yang telah dibentuknya.

      Saat ini, ratusan tanaman ganja telah diamankan di gudang penyimpanan Barang Bukti (BB) Polres Lumajang guna untuk dilakukan pemusnahan. Untuk mengungkap siapa pemilik dari ratusan tanaman ganja itu, pihaknya butuh waktu.

      “Ini cara baru pelaku narkoba dalam mengelabuhi petugas dengan menanam ganja di tengah hutan. Soal pemusnahan masih menunggu petunjuk pimpinan selanjutnya,” tegas Kasat Reskoba.(cho)

      comments

      0 Komentar:

      Post a Comment

      Contact Form

      Name

      Email *

      Message *

      Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
      back to top