Ad

Memo Timur Lumajang
7 September 2017

PPID Memiliki Peran Penting sebagai Pelurus Informasi

Posted by on 7 September 2017

Lumajang, Motim - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Pemkab Lumajang, Kamis (7/9) pagi mengikuti Sosialisasi Penguatan PPID di Gedung Panti PKK, Pendopo Kabupaten. Sosialiasasi ini digelar untuk penguatan peran PPID yang begitu penting.
memo timur lumajang

Seperti yang disampaikan oleh Drs. Nurwakit Aliyusron selaku atasan PPID, ia mengungkapkan, PPID sebagai corong informasi harus dapat mengelolah dan memfilter informasi yang beredar. Untuk kemudian disampaikan kembali kepada masyarakat sesuai yang dibutuhkan dan kepentingan masyarakat.

Contohnya, kata Nurwakit adalah ketika ada isu-isu yang beredar di mayarakat yang tidak benar dan sumbernya tidak jelas. Utamanya tentang pemerintahan. Maka disinilah peran PPID, meluruskan informasi yang tidak benar tersebut.

“Itulah pentingnya peran kita,” ungkapnya.

Karena PPID, adalah sub sistem dari Pemkab, maka informasi yang disampaikan harus melalui pola dan sistem yang bagus. Sehingga informasi yang tersampaikan benar-beanr berkualitas dan besar pengaruhnya atau manfaatnya.

Namun selama ini, ia menilai masih ada sedikit kekurangan dari PPID ataupun Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) yang membawahinya. Ia menyebut masih kurang maksimal. jadi perlu adanya evaluasi yang dilakukan.
2 Kasus Pembunuhan Terungkap, 5 Pelaku Ditangkap
“Sistem dan polanya harus diperbaiki lagi. Sehingga informasi lebih baik lagi,” ujarnya. Selain PPID, Kelompok Inforrmasi Masyarakat (KIM) yang sudah dibentuk di tiap kecamatan juga harus aktif menyampikan informasi yang bermanfaat.

Sementara itu, Kepala Kominfo Dony Fimbrianto Yantri, S.Sos PPID juga meiliki tugas menampung pengaduan dari masyarakat serta jawaban dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhak menanggapi pengaduan itu.

Selama ini, kotak pengaduan dari masyarakat sudah dibikin modern. Yakni melalui laman website resmi Pemkab Lumajang. Sehingga masyrakat dengan mudah menyampikan dan juga dengan mudah mengakses.

Lanjutnya, sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan hal ini. Sudah banyak saran kritik atau aduan dari masyarakat yang diterima. Dari pihaknya juga selalu menyampaikan jawaban dari OPD yang berwenang.
4 BAP Korupsi Dilimpahkan ke Kejari Lumajang
“Jadi sudah banyak yang memanfaatkannya. Karena sekarang di era digital, maka sistim seperti ini perlu digunakan,” pungkasnya. (fit)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top