Ad

Memo Timur Lumajang
6 September 2017

Selamatan dan Peresmian Balai Desa Sarikemuning oleh Bupati As'at Malik

Posted by on 6 September 2017

Lumajang, Motim - Masyarakat Desa Sarikemuning, Kecamatan Senduro, Selasa (5/9) malam menggelar acara selamatan desa bertempat di kantor Desa setempat sebagai ritual bersih desa berharap kedepan masyarakat Desa Sarikemuning hidup lebih sejahtera dan dijauhkan dari berbagai musibah.


Acara selamatan desa itu diawali dengan arak-arakan tumpengan dari berbagai masakan yang dihiasi dengan berbagai kue dan buah-buahan termasuk kolo pendem diarak keliling desa diiringi dengan kesenian umat Hindu.
Banyak Desa Belum Ajukan Pencairan DD Tahap II
Sesampai di kantor Desa usai menaruh tumpengan, puluhan umat Hindu langsung menggelar doa bersama yang dipandu oleh dua pemuka umat Hindu yaitu Sarimin bersama Sariamat. Kemudian dilanjutkan dengan acara istighosah yang dilakukan oleh puluhan tokoh agama Islam dipinpim langsung oleh KH. Khudori.

“Tujuan dari selamatan desa ini supaya masyarakat Desa Sarikemuning kedepan bisa hidup lebih sejahtera, dijauhkan dari kemiskinan juga malapetaka apapun bentuknya. Meski ada perbedaan agama, kami bersama masyarakat yang lain tetap rukun dan kompak membangun Desa,” kata Sariamat.



Kepala Desa Sarikemuning Nawi mengatakan, selamatan desa rutin dilakukan setiap tahun sekali beberapa hari setelah hari raya Idul Adha alias hari raya Qurban. Selamatan Desa selalu dimeriahkan oleh acara arak-arakan tumpengan keliling desa, istigosah, albanjari dan banyak lagi acara lain.

Malam ini, bukan hanya acara selamatan desa saja. Melainkan sekaligus peresmian kantor desa yang akan dilakukan oleh Bupati Lumajang. “Insha Alloh sebentar lagi Pak Bupati As’at datang Mas,” katanya.

Ditanya bagaimana mempersatukan masyarakat Desa Sarikemuning yang berbeda agama tetap hidup rukun, damai dan kompak ikut serta membangun Desa Sarikemuning maju dan berkembang, Nawi mengaku terus menerus menjalin komunikasi dengan masyarakat baik itu yang memeluk agama Islam, Hindu juga Kristen sebagai upaya mempersatukan satu sama lain.

Alhamdulillah, upaya yang dilakukan membuahkan hasil, hingga tercipta sebuah kerukunan dan kekompakan. Hal ini terbukti masyarakat Desa Sarikemuning bersama-sama saling membaur untuk membangun Desa lebih maju lagi.
Luas Tambah Tanam Padi di Lumajang Tembus 90 Persen
“Mudah-mudahan melalui selamatan desa ini apa yang menjadi harapan masyarakat bisa terkabulkan. Melalui kantor Desa yang baru ini juga diharapkan pelayanan kepada masyarakat akan lebih prima lagi,” tegas Nawi.

Bupati As’at dalam sambutannya mengaku bangga karena Masyarakat Desa Sarikemuning dimana di dalamnya terdiri dari umat Islam, Hindu juga Nasrani bisa hidup rukun dan damai, sehingga tercipta situasi dan kondisi Desa Sarikemuning terus kondusif.

“Ini patut dicontoh oleh desa-desa yang lain. Apapun alasannya, ketika masyarakat hidup rukun dan kompak, kami yakin pembangunan berbagai sektor di Desa masing-masing akan berjalan sukses dan lancar,” ungkapnya.

Bupati juga berharap, setelah kantor Desa Sarikemuning diresmikan nanti, diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik lagi. “Kantor Desa sudah megah, pelayanan kepada masyarakat ya harus lebih baik lagi,” pungkas Bupati As’at. (Ir)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top