Sosialisasi Tiga Pilar Desa, Curwan MarakMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
12 September 2017

Sosialisasi Tiga Pilar Desa, Curwan Marak

Posted by on 12 September 2017

Bupati: Antisipasi Maling dengan Siskamling

Lumajang, Motim - Demi menekan angka pencurian hewan (curwan) di Lumajang, penguatan 3 pilar desa perlu dilakukan. Tiga pilar yang dimaksud adalah Babinsa, Babinkamtibmas, dan Kades/Lurah. Ketiganya harus bersama-sama dengan masyarakat untuk menjaga keamanan dan kondusifitas.
memo timur lumajang

Terlebih di akhir-akhir ini, utamanya di wilayah Kecamatan Ranuyoso, curwan begitu marak. Namun, bupati menegaskan, tidak cukup pihak dari babinsa, babinkamtibmas, dan kades untuk mengantisipasi adanya pencurian. Namun masyarakat juga harus terlibat aktif.

Salah satu caranya, adalah dengan mengaktifkan lagi siskamling. Hal ini menurutnya bisa lebih efektif untuk mengantisipasi maling sapi. “Ini merupakan kegiatan lama yang bagus, jadi harus diaktifkan lagi,” kata Bupati Lumajang Drs. H. As’at Malik, M.Ag saat memberikan sambutan dalam Kegiatan Sosialisasi Tiga Pilar Desa di Pendopo Kabupaten, Selasa (12/9).

Selain itu, ia juga mendukung langkah Kapolres Lumajang yang sudah tidak memberikan toleransi pada maling sapi. Dimana pihaknya siap tembak mati maling sapi di tempat. Dikarenakan, ketika tidak kondusif, masyarakat menjadi tidak damai.

“Masyarakat mau bekerja pun menjadi takut. Jadi negara harus hadir, untuk perdamaian di mana saja. Peran babinkamtibmas, babinsa, dan kades juga besar disini,” ungkapnya.
  1. Kebakaran Lahan Terjadi di Dekat Puncak B29
  2. Lagi, Sapi Milik Warga Ranuyoso Disikat Maling
  3. 4 BAP Korupsi Dilimpahkan ke Kejari Lumajang 
Selain itu, menjelang adanya Pilkades maupun Pilkada, antisipasi juga harus lebih ditingkatkan. Ketika ada potensi gaduh, maka harus segera ditindak. “Jika ada kekuatan dari kelompok untuk gaduh, maka harus dipecah,” jelasnya.

Ia menginginkan, Pilkades dan Pilkada di Lumajang bisa berjalan dengan lancar tanpa ada banyak gesekan. Hal ini demi menunjukkan sikap kedewasaan dalam berdemokrasi. “Saya sangat menginginkan semua bisa berjalan dengan damai,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua DP    RD Lumajang H. Agus Wicaksono, S.Sos menyatakan, gesekan dalam Pilkades dan Pilkada akan lebih besar potensinya. Karena para calon memiliki kedekatan emosional.

Namun, dirinya berharap banyak pada 3 pilar desa ini, mampu mengantisipasi adanya gesekan-gesekan tersebut. Caranya, dengan mengantisipasi sejak awal. “Karena babikamtibmas, babinsa, dan kades berada di garda depan untuk kondusifitas di desa,” pungkasnya. (fit)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top