Ad

Memo Timur Lumajang
13 September 2017

Yakin Dapat Predikat Kabupaten Sehat Kelima Kalinya

Posted by on 13 September 2017

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Drs. As'at Malik, M.Ag., mengaku yakin, Lumajang akan mendapat predikat sebagai Kabupaten Sehat pada tahun ini. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disampaikan bupati saat menerima kedatangan tim verifikasi kabupaten/kota sehat tingkat nasional di Gedung Panti PKK, Selasa malam (12/9/2017).
memo timur lumajang

Lanjutnya, Lumajang sebelumnya sudah 4 kali menerima penghargaan. “Insyallah kita sudah siap menerima penghargaan lagi,” ujarnya. Menurutnya banyak sekali faktor yang mendukung Lumajang untuk menjadi kabupaten sehat.

Karena beberapa penghargaan yang tak jauh beda sebelumnya juga didapat. Seperti Adipura, Kabupaten Layak Anak, Rumah Sakit Layak Anak, Manggala Karya Kencana, serta beberapa penghargaan lain dibidang lingkungan maupun kesehatan.

Dirinya menyampaikan banyak inovasi lingkungan. Salah satunya pengelolaan Kali Temi. Karena dulunya kotor dan banyak orang yang menggunakan sebagai MCK umum, sekarang sudah berubah menjadi lingkungan yang bersih dan tidak ada masyarakat buang air besar.
  1. Pastikan Anak Sehat Sebelum Diimunisasi MR
  2. Sukseskan Program Gemar Makan Ikan, Bupati Makan Ikan Bersama  
  3. Parade Becak, Upaya Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas 
“Saat ini, Kali Temi telah dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi dan tempat budidaya ikan dengan keramba, karena dengan air bersih yang mengalir akan menjadikan ikan berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua tim verifikasi pusat, Nevy Rinda Nugraini menyampaikan sampai saat ini sudah 173 Kabupaten/kota dari 26 provinsi yang sudah di verifikasi. Ia mengaku tertarik dengan potensi-potensi yang ada di Lumajang, baik potensi pariwisata, industri UMKM dan sumber daya manusianya.

Ia juga menyampaikan salah satu kriteria penilaian adalah inovasi. “Jangan bosan memberikan inovasi-inovasi lainnya, karena itu salah satu kriteria kabupaten/kota sehat,” ujarnya. Beberapa hal yang sempat menarik perhatiannya adalah ojek darah, susi (suami siaga), angkot gratis yang juga bermanfaat untuk pengurangan pencemaran udara, kampung kelor.

Ia berharap nantinya Lumajang mampu meningkatkan inovasi dan tidak berhenti untuk berinovasi. Tim Verifikasi ini terdiri dari unsur Kementerian KLHK, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri. (*/fit)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top