Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Selain 12 Parpol Lama, Ada 5 Parpol Baru

Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) telah menutup pendaftaran Partai Politik (Parpol) sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2018 di Lumajang. Hasilnya ada 17 Parpol yang sudah menyerahkan berkas pendaftaran.

Bagian Divisi Hukum KPU Lumajang, Rudi Hartono dari 17 Parpol itu, Parpol Lama yang berjumlah 12 semua ikut mendaftar. Ditambah ada 5 Parpol baru yang juga sudah menyampaikan berkas pendafatarannya ke KPUD Lumajang.
  1. Daftar ke KPU, Partai Berkarya Targetkan 1 Kursi Tiap Dapil
  2. Menuju Pemilu, KPU akan Verifikasi Parpol
  3. Pendaftaran PPK dan PPS Sepi Peminat
  4. PDIP: As’at Malik Direstui Megawati, Tinggal Cari Wakilnya
Seperti diketahui, 12 Parpol lama diantaranya Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Golkar.

Selain itu, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Kemudian, untuk Parpol yang baru, Rudi menyebutkan, diantaranya ada Partai Berkarya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, dan Partai Rakyat.

Selanjutnya, KPUD melakukan tahapan administrasi. Yakni melakukan verifikasi dan kelengkapan dari berkas persyaratan yang diajukan oleh masing-masing pengurus partai hingga 15 November mendatang.

Rudi menyebutkan, dari semua pendaftar, ada kendala mendasar yang rata-rata dialami oleh semua Parpol. Yakni soal data anggota. Dimana masih sering terjadi ketidak sesuaikan antara data manual dengan yang sudah terinput di Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).
  1. Diduga Sopir Ngantuk, Terios Hantam Truk
  2. Arus Deras, Kondisi Plengsengan Kali Asem Makin Parah
  3. Kepala BRI Kota Pasuruan Meninggal di Kamar Hotel GM
  4. Lolos dari Maut Usai Dibacok Begal
Hal ini dikarenakan, data yang diunduh di SIPOL, merupakan data lama. Sehingga terjadi ketidak sesuaian. “Untuk itu kita arahkan Parpol agar memperbarui datanya sesuai dengan di SIPOL. Karena itu yang menjadi acuannya,” ucapnya.

Sedangkan jumlah keanggaotaan, semua Parpol sudah memenuhi. Dikatakan, minimal setiap Parpol ada 1.000 anggota atau 1/1000 jumlah penduduk di daerah. “Boleh pilih salah satu syarat untuk jumlah keanggotaan,” ucapnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: