Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sudah melewati tahap wawancara. Dari enam nama yang lolos ke tahap ini, akan disaring menjadi 3 nama untuk menjadi Panwas di masing-masing kecamatan.

Ketua Panwaskab Lumajang, Akhmad Mujaddid menuturkan, untuk sesi wawancara dibagi dalam dua gelombang. Pertama dilakukan pada Rabu (26/10) lalu dan menghadirkan peserta dari 16 kecamatan. Sesi selanjutnya ada lima kecamatan yang dilaksanakan pada Sabtu (28/10).

Bupati As’at Jenguk Sutikno, Biaya Pengobatan Ditanggung
TKI Ilegal Asal Jatiroto Terlantar di Malaysia Dipulangkan KBRI
Populerkan Kolesem bersama Barista
Dinas TPHP Lamongan Belajar Digitasi Lahan LP2B di Lumajang

Tahapan kali ini memang sedikit berbeda dengan tahapan selanjutnya. Dimana, semua peserta diberi pertanyaan yang cukup membuat mereka kebingungan. “Intinya pertanyaan kami soal wawasan kebangsaan, pengetahuan Undang-Undang Pemilu dan perkembangan politik lokal,” katanya.

Namun banyak diantara para peserta yang kesulitan menjawab pertanyaan tersebut. Kesulitan itu terjadi ketika Komisioner Panwaskab menanyakan soal Undang-Undang Pemilu. “Sejauh ini hanya 35 persen saja yang lancar menjawab,” tuturnya.

Menurut Jaddid, sapaan akrabnya, para peserta kurang mempersiapkan diri dan mempelajari soal Undang-Undang tersebut. Sehingga banyak peserta yang kesulitan ketika diberi pertanyaan. Padahal, pemahaman Undang-Undang Pemilu merupakan kewajiban bagi Paswascam.

Pemkab Temukan Puluhan Orang Sakit Jiwa Dipasung
Bobol Kantor Pos, Uang Suami Karyawan Amblas
LMDH Tak Aktif Bisa Perlambat Program Pemerintah
Jelang POR SD/MI Jatim di Lumajang

Hanya saja patokan Panwaskab memberikan nilai kelulusan tidak hanya terpaku pada penguasaan materi. Selebihnya nilai tersebut akan diambil dari segi yang lain. Seperti mentalitas peserta, kemampuan pribadi dan cara memanage emosi.

“Yang kami jadikan acuan untuk memberikan nilai kelulusan bukan sekedar penguasaan materi. Materi ini hanya 30 persen saja,” ungkapnya. Karena menjadi pejabat tingkat kecamatan yang akan membawahi banyak hal. Sehingga dibutuhkan beberapa kriteria yang lain juga. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: