Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Dinas Perdagangan (Dindag) Lumajang bersama dengan Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional II Yogyakarta telah memeriksa sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Lumajang.
Joko Siswoyo

Hal ini untuk mengantisipasi adanya praktik curang dalam pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM). Sehingga masyarakat atau konsumen tidak dirugikan ketika melakukan pengisian di SPBU.

Dalam kesempatan itu, pemeriksaan yang dilakukan meliputi tanda tera, kebenaran pengukuran, dan cara penggunaan. Hasilnya, Dindag melaporkan, secara umum untuk di Lumajang tidak memiliki masalah.

“Tidak ada kelebihan takaran atau kekurangan,” kata Kepala Dindag Lumajang, Drs. Agus Eko pada Memo Timur, Jumat (17/11).

Dengan didampingi Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Joko Siswoyo menerangkan, secara umum SPBU di Lumajang sudah beroperasi sesuai dengan standar. Tidak ada temuan adanya kecurangan yang dilakukan.

“Masih dalam batas wajar yang telah diizinkan,” katanya.

Joko menambahkan, selain dari Dindag dan BSML, pihak SPBU juga secara rutin melakukan pengecekan sendiri. Hal ini untuk menjaga dan memastikan alat yang dimiliki berjalan dengan baik dan sesuai standar.

Sejauh ini, Joko menyebut, masih belum ada laporan resmi yang masuk pada dirinya terkait ketidak puasan masyarakat atau konsumen terkait pengisian BBM di SPBU. Jika memang ada laporam, maka akan ditidaklanjuti.

Tindaklanjut yang dimaksud, dengan melakukan verifikasi di pihak SPBU yang bersangkutan. Karena untuk menyatakan kurang atau tidak sesuai dengan takaran, harus ada pengecekan dan perbandingannya.

“Jadi harus kita cek ulang. Tidak bisa serta merta bilang kurang,” tegasnya.

Pemeriksaan terhadap SPBU memang rutin dilakukan, baik itu dari BSML atau Dindag. Karena BSML juga punya wewenang untuk turun langsung ke daerah melakukan pengawasan dan pemeriksaan. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: