Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Dinas Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Selasa pagi mendapat kunjungan dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Blitar berjumlah 9 orang dalam rangka studi banding, bermaksud untuk melihat secara langsung pengelolaan perpustakaan yang ada di Lumajang.
Khoirudin

Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan Lumajang, Khoirudin menyampaikan, rombongan dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Blitar itu langsung diboyong menuju lokasi di mana pihaknya membudayakan program baca, sehingga bisa tahu cara pengelolahannya seperti apa.

Khoirudin menambahkan, keberadaan Perpustakaan Desa alias Perpusdes, tidak lepas dari agenda kunjungan mereka, karena pola pengelolahannya sudah diakui berbagai daerah, sehingga hal tersebut yang akan diambil oleh Tim dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Blitar, untuk diaplikasikan di wilayahnya.

Selain keberadaan Perpusdes, masih menurut Khoirudin, penilaian Indeks Literasi (IL) yang sudah dijadikan acuan perpustakaan Lumajang untuk menilai tingkat keberhasilan baca, juga menjadi perhatian tersendiri bagi para tamu.

Sebab, hanya perpustakaan Lumajanglah yang sudah menjalankan progran Indeks Literasi (IL) sebagai acuan peningkatan nilai baca. “Banyak daerah tetangga yang akan melakukan studi banding ke Perpustakaan Lumajang. Kali ini Perpustakaan Kabupaten Blitar,” ungkapnya.

Perpustakaan Kabupaten tetangga, kata Khoirudin, belum menggunakan pola semacam itu. Karena rata-rata nilai keberhasilan suatu wilayah, dalam hal ini Dinas Perpustakaan, tidak menggunakan Indeks Literasi (IL) melainkan menggunakan Indeks Membaca (IM).

“Biasanya IM yang dijadikan acuan mas, di sini malah menggunakan IL. Itu yang membuat para tamu dari perpustakaan Kabupaten Blitar kagum,” ungkapnya.

Disinggung upaya yang akan dilakukan kedepan seperti apa, pihaknya akan terus melakukan giat Indeks Literasi (IL) yang lebih baik lagi, agar minat baca di Lumajang lebih baik dari saat ini. “Tahun depan kami pastikan IL di perpustakaan Lumajang akan lebih baik dari tahun ini,” pungkas Khoirudin.(cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: