Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Masyarakat yang hendak menyampaikan saran, kritik, maupun pengaduan tentang pelayanan Pemerintah Kabupaten Lumajang kini lebih dipermudah. Tidak perlu mengirimkan surat ataupun datang ke kantor yang bersangkutan. Cukup menyampaikan via online saja.
Diskominfo

Pemkab Lumajang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lumajang telah menyediakan layanan masyarakat tersebut dalam bentuk website. Dengan mengakses pengaduan.lumajangkab.go.id, di sana masyarakat sudah bisa mengirimkan saran, kritik, atau pengaduan pada pemerintah.

Bobol Kantor Pos, Uang Suami Karyawan Amblas
Difabel Punya Hak Sama jadi Anggota PPK atau PPS
Bupati As’at Jenguk Sutikno, Biaya Pengobatan Ditanggung
Jam Pulang Sekolah, 3 Jalan Selalu Macet 

Ada formulir yang harus diisi, termasuk biodata, ditunjukkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mana, dan isi pengaduan. Jika tidak paham, ada panduan pengaduan yang disediakan, sehingga bisa memudahkan masyarakat.

Dari laporan yang dikirimkan, akan diterima oleh Pemkab Lumajang dan diteruskan pada OPD yang dituju, untuk kemudian ditanggapi. Untuk penanggapan memang membutuhkan waktu yang relatif tidak pasti. Tergantung respon dari masing-masing OPD.

Layanan masyarakat ini sudah mulai diterapkan sejak awal tahun ini. Hingga saat ini, sudah ada puluhan pengaduan yang telah masuk. Pengaduan ini juga bisa dibaca oleh masyarakat umum, termasuk tanggapan dari OPD yang bersangkutan.

Untuk lebih memaksimalkan layanan ini, Diskominfo Lumajang Bimbingan Teknis Pengelolaan Website tentang Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Online dan Aplikasi PPID Online. Kegiatan tersebut diikuti oleh Admin PPID Pembantu dari seluruh OPD se-Kabupaten Lumajang.
LKPD Lumajang Raih Penghargaan dari Pemerintah Pusat
Kepala Diskominfo Lumajang, Dony Fimbriyanto Yantri, S.Sos., meminta OPD yang ada di lingkup Pemkab Lumajang secara aktif menjawab pengaduan masyarakat itu. “Ketika ada pengaduan, tolong segera ditanggapi, pengaduan merupakan wujud komunikasi masyarakat dengan pemerintah, dalam hal ini pemerintah harus hadir,” tuturnya.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi, masyarakat dapat mengajukan permohonan informasi kepada OPD yang terkait dengan mengunjungi laman ppid.lumajangkab.go.id.

Dony juga meminta admin PPID yang ada di masing-masing OPD lebih aktif memberitakan kegiatan instansinya. Di era keterbukaan informasi, masyarakat perlu mengetahui kegiatan di masing–masing OPD. Hal ini juga dapat sebagai media pelaporan atas kegiatan yang telah diselenggarakan.

Korban Damai, Maling HP Bebas
Pembinaan TOT Indikasi Geografis
Kambing Senduro Diminati Peternak Malang
Kontribusi PAD Belum Optimal, Masih 11 Persen dari Total Pendapatan

“Jangan sampai komunikasi buntu, Kominfo tujuannya dalam rangka menjembatani informasi, apapun yang ada di OPD njenengan silahkan diberitakan,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan diselenggarakannya Bimtek tersebut diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi PPID Pembantu yang ada di masing-masing OPD. “Sehingga kualitas pelayanan publik di Kabupaten Lumajang semakin meningkat,” pungkapnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: