Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Musim Hujan., Harga Sayur Turun

Lumajang, Motim - Musim hujan nampaknya berdampak pada harga sayuran. Dari laporan Dinas Perdangan Lumajang ada sejumlah komoditi dari pertanian yang mengalami penurunan harga akhir-akhir ini disebabkan perubahan cuaca.

Kepala Dinas Perdangan Lumajang, Drs. Agus Eko mengatakan, hal ini terjadi lantaran kualitas sayuran saat ini tidak sebagus sebelumnya. Meskipun dikatakan, kualitas tidak buruk. “Tapi tidak sebagus kalau tidak hujan,” katanya pada sejumlah wartawan.

Namun ia tidak menyebutkan secara detail apa saja komoditi yang mengalami penurunan harga tersebut. Pasalnya, penurunan yang terjadi tidak terlalu signifikan. “Harganya memang menyesuaikan, tapi tidak terlalu banyak perubahan,” terangnya.

Sedangkan untuk komoditi lainnya, kata Agus dari pantauan masih cukup stabil harganya. Tidak ada lonjakan harga yang signifikan. Bahkan, untuk beras dan gula mengalami penurunan harga.

“Sedangkan untuk daging masih tetap. Tidak naik tidak turun,” jelasnya.

Lanjutnya, jelang natal dan tahun baru, memang perlu diantisipasi adanya lonjakan harga. Seperti tahun-tahun sebelumnya, diprediksi ada bebebrapa komoditi vital yang mengalami lonjakan harga.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga tersebut, nanti bakal digelar operasi pasar. Agus menegaskan, namun operasi pasar yang akan dilakukan kali ini akan dilakukan secara mandiri.

Artinya, tidak ada lagi subsidi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi. Untuk itu pihaknya akan melakukan kerjasama dengan pihak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menggelar operasi pasar.

Misalnya, kata Agus, adalah bekerjasama dengan PG. Jatiroto, untuk menyediakan gula dengan harga normal yang dapat dijangkau oleh masyarakat. “Mungkin itu, kita bisa bekerjasama dengan perusahaan,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: