Panwascam akan Dilibatkan dalam Penertiban Banner Balon Bupati

Lumajang, Motim - Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panawascam) sudah dilantik. Mereka diharapkan sudah bisa mulai bekerja untuk melakukan pengawasan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Salah satunya untuk penertiban banner bakal calon (balon) bupati maupun yang sejenis yang dinilai melanggar aturan.
Drs. Basuni

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja ( Kadis Sat Pol PP) Lumajang, Drs. Basuni menyampaikan, pihaknya sudah melakukan koordinasi awal dalam rencana ini. Jadi Panwascam akan bersama-sama dengan Satpol PP melakukan penertiban itu.

Tes Wawancara Calon PPK Sudah Dilaksanakan
Pembahasan Rancangan APBD 2018
Soal UU Ormas, Kesbangpol Masih Tunggu Petunjuk
TKI asal Desa Karangsari Meninggal di Malaysia

Namun rencana ini, kata Basuni masih belum bisa diterapkan dalam waktu dekat. Karena harus ada keputusan resmi dari pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Lumajang. Sebelum memutuskan itu, Panwaslu Lumajang masih akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD) Lumajang.

Tak hanya koordinasi tingkat kabupaten, panwaslu juga akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Jawa Timur. “Setelah ada keputusan resmi, nanti surat keputusan itu disampaikan ke kita,” kata Basuni pada Memo Timur, Senin (6/11).

Baru setelah itu, Panwascam bersama Satpol PP bisa bekerja bersama. Selain melakukan pengawasan terhadap adanya banner yang menyalahi aturan, juga ikut membantu dalam melepas banner tersebut.

Hampir Sebulan Ditutup, Jembatan Jurang Mangu Mulai Diperbaiki
Penjual Sabit Keliling Tewas di Lahan Tebu
Pembangunan Klinik Pratama PC Muslimat NU Lumajang
Maksimalkan Produktifitas Pertanian, Disperta Gandeng PT. BISI Internasional Tbk.

“Dengan adanya Panwascam, nanti bisa ada gerakan juga untuk pelepasan (banner yang melanggar) itu,” ungkapnya.

Menurut Basuni, rencana ini sangat bagus. Karena panwascam usai dilantik, sudah harus bekerja demi terciptanya suasana politik di Lumajang yang kondusif. “Kita harapkan bisa dijalankan kegiatan ini,” pungkasnya. (fit)