Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Pencuri Anggrek Endemik Lumajang Diamankan


anggrek

Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang lebih serius melakukan budidaya anggrek endemik khas Lumajang atau Aerides Odirati. Belakangan diketahui, anggrek ini sering diambil atau dicuri di beberapa tempat untuk dibawa ke luar kota dan dijual di sana.
Kejadian pencurian ini kembali terjadi dan pelakunya berhasil diamankan. Dari tangan pelaku berhasil ikut diamankan dua karung anggrek yang siap dibawa ke Malang. Rencananya dia akan mengambil lima karung.

Pelaku yang berinisial SH, warga Malang ini berhasil diamankan oleh Hariono (Relawan Laskar Semeru). Awalnya Hariono curiga ada seseorang naik di atas pohon di kawasan jalan raya Sumbersuko. Ketika dihampiri, ternyata dia sedang mengambil anggrek.

Hariono pun menghentikan aksinya dan membawanya ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup Lumajang untuk diproses lebih lanjut. Serta membawa dua karung anggrek sebagai barang bukti.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau DLH Lumajang, Yuli Haris mengatakan, sejauh ini memang tidak ada aturan hukum di Lumajang terkait perlindungan tanaman ini. Untuk itu, pelaku hanya diberikan pengertian dan diminta tidak mengulangi perbuatannya.

“Kita suruh dia membuat surat pernyataan tidak mengulangi,” kata Yuli.

Dari pengakuan pelaku, rencananya anggrek yang diambilnya ini hendak dibawa ke Malang untuk dijual di sana. Rencananya dia akan mengambil 5 karung. Satu pohon bisa didapat satu karung anggrek.

“Kemudian anggrek yang disita itu kita tanam di Alun-Alun Lumajang,“ pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: