Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang kembali meraih penghargaan di bidang kesehatan. Kali ini, Penghargaan Swasti Saba Wistara didapat. Melalui surat Kementrian Dalam Negeri RI nomor 005/8999/Bangda tertanggal 22 November 2017.
as'at malik

Penghargaan tertinggi di bidang kesehatan itu, diserahkan Selasa (28/11), di ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri yang diterima langsung oleh Bupati Lumajang, Drs. H. As'at Malik, M.Ag. Ini merupakan penghargaan bagi Lumajang ke-5 kalinya.

Bupati mengatakan, dengan adanya penghargaan ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat mendukung kegiatan dan program pemerintah khususnya bidang kesehatan. Sehingga terwujudnya Lumajang sebagai kabupaten sehat. Kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan bermartabat.

Lanjutnya, kabupaten sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah (lintas sektor) dengan masyarakat. Dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik. “Selain itu lingkungan sosial kabupaten,” ucapnya.

Untuk mensukseskan program kesehatan, di tingkat kabupaten dimotori oleh Forum Kabupaten Sehat yang mensinergikan pembangunan agar berwawasan kesehatan. Di tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat, dan di desa oleh Forum Desa Sehat.

“Perlu diketahui bahwa penilaian Kabupaten Sehat lebih berfokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Partispasi masyarakat ini juga terorganisir melalui Forum Kabupaten Sehat, Forum Kecamatan Sehat, dan Forum Desa Sehat. Serta dukungan sektor terkait. Karena masalah kesehatan penyebabnya sangat multi kompleks, dan mempunyai skor yang tinggi.

“Jika diselesaikan secara terpadu antara pemerintah dan masyarakat,” ungkapnya.

Penanganan terhadap kasus orang sakit, masalah gizi buruk, keracunan, dan lainnya mendapatkan penanganan yang memadai. “Ada konsepnya yang terpadu antara pemerintah dan masyarakat serta didukung legal aspeknya melalui regulasi di tingkat lokal atau kabupaten,” terangnya.

Tim verifikasi Kabupaten Sehat telah melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lumajang tanggal 13 September 2017 dengan beberapa titik kunjungan. Diantaranya di Kampung Kelor, Kali Temi, Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Taman Kota, Pasar Sukodono, SDN Kepoharjo 02, Panti Asuhan Putra Muhammadiyah, Puskesmas Tempeh, TPS Lempeni, PT. Nankai Candipuro, dan Pemandian Tirtosari View. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: