Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Rancangan APBD Lumajang 2018, Agar Efektif, Banyak Anggaran Dipangkas

Lumajang, Motim - Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Lumajang 2018 sudah disetujui oleh DPRD Lumajang melalui Rapat Paripurna di Pendopo Kabupaten, Senin (20/11).
Hj. Nur Hidayati

Dari keputusan ini, banyak rencana anggaran yang diajukan oleh eksekutif dipotong oleh dewan karena dinilai tidak efektif. Kemudian dialihkan untuk hal lain yang lebih menjadi prioritas.

Anggota Badan Anggaran DPRD Lumajang, Hj. Nur Hidayati menyampaikan, di masing-masing komisi memang ada dinamisasi untuk penanganan anggaran. Karena perencanaan yang dibuat, harus dilihat efektifitas dan efisiensi.

“Kita perhatikan khusus dan kita hitung per nominal dan realitas yang ada. Kita bahas secara detail,” ungkapnya.

Terkait banyak rencana anggaran yang dipotong atau dialihkan, pihaknya sudah punya pendapat tersendiri tentang anggaran. “Karena bukan semata-mata untuk program, tapi harus mendahulukan yang urgen, yang sangat prinsip bagi masyarakat,” katanya.

Misalnya untuk Bagian Umum, untuk rehabilitasi atau pemeliharaan fasilitas umum dari rencana semula dianggarkan Rp 200 juta dipangkas Rp 50 juta menjadi Rp 150 juta. “Karena dirasa terlalu lebih, untuk perbaikan paving masih bagus,” ucapnya.

Kemudian untuk Dinas Kesehatan, rencana anggaran yang semula Rp 611 juta untuk rehabilitasi bangunan dipangkas Rp 150 juta. Karena dialihkan untuk rehabilitasi Puskemas di Tamanayu.

Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag menegaskan, dengan disetujuinya RAPBD ini diharapkan nanti bisa maksimal. Utamanya untuk pelayanan kepada masyarakat. “Infrastruktur yang bagus, ekonomi bagus, angka kemiskinan menurun. Dan masyarakat sejahtera dan bermartabat,” ujarnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: