Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Realisasi ADD dan DD Mulai Diverifikasi Kecamatan

Lumajang, Motim - Realisasi Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di tiap-tiap desa mendapat pengawalan dan pengawasan khusus dari pendamping kecamatan. Bahkan sebelum pencairan hingga selesai pelaksanaan.
APBDes

Di beberapa desa, tim pengawas kecamatan sudah mulai turun untuk melakukan verifikasi. Untuk melihat realiasi ADD dan DD, apakah sudah digunakan sesuai dengan ketetapannya. Pendamping kecamatan juga membantu dalam penyusunan administrasi dan pertanggung jawaban.

“Mereka mengawal biar pelaksanaan APBDes yang sumber dana dari PAD, DD, ADD, dan bantuan khusus lain bisa berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, AP, M.Si.

Lanjutnya, mereka juga bertugas di lapangan untuk memeriksa hasil pekerjaan yang telah dilaksanakan. “Apabila nanti ada indikasi masalah adminitrasi, tugas dari tim pengawas adalah melaporkan ke camat,” terangnya.

Camat nanti yang akan mengambil langkah strategis. Keputusan dan kebijakan apa yang akan diambil dari laporan itu sesuai dengan tupoksinya. “Agar pelaksanaannya bisa kembali on the track,” tegasnya.

Baru jika nanti temuan itu mengarah ke penyimpangan, camat akan membuat laporan ke bupati untuk ditindak lebih jauh. “Agar Inspektorat turun. Tapi jika sepanjang tidak ada penyimpangan, masih di level kecamatan,” terangnya.

Sejauh ini, di tahun 2017, kata Patria, dari verifikasi yang dilakukan oleh tim pengawas kecamatan, masih belum ada laporan resmi terkait pelanggaran yang masih ke dirinya. “Kalau laporan ke kita masih belum,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: