Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Undang-Undang Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas) sudah disahkan. Kemudian untuk tindak lanjut di daerah masih belum ada petunjuk. Misalnya soal tugas dan wewenang Pemerintah Daerah dengan adanya UU ini.
Ir. Suyanto

“Kalau kita, masih menunggu petunjuk dari pusat. Karena nanti akan disampaikan ke daerah masing-masing di Indonesia,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lumajang, Ir. Suyanto pada sejumlah wartawan.

Kesadaran Masyarakat Peduli Kali Bersih Masih Minim
Tes Wawancara Calon PPK Sudah Dilaksanakan
Tunggu Keputusan, UMK Lumajang Bakal Naik jadi Rp 1.691.040
Masyarakat Lebih Mudah Sampaikan Aduan Via Online

Namun Suyanto menjelaskan, inti dari UU Ormas ini, adalah apabila ada Ormas yang bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang 1945, dan NKRI akan dibubarkan. Karena itu merupakan bentuk pelanggaran keras yang tidak bisa ditoleransi.

Apalagi, dalam aturan saat ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkuham) memiliki hak penuh untuk membubarkan Ormas yang melanggar tersebut. Tanpa harus melalui persidangan. “Aturan mainnya seperti itu,” ucap Suyanto.

Suyanto menambahkan, sebelumnya terkait adanya salah satu Ormas yang dibubarkan oleh pusat, tugas daerah sesuai dengan petunjuk melakukan pelacakan apakah masih ada kegiatan di daerah.

Gagal Rampas Motor, Pengendara Dibacok
Penjual Sabit Keliling Tewas di Lahan Tebu
Pembangunan Klinik Pratama PC Muslimat NU Lumajang
Maksimalkan Produktifitas Pertanian, Disperta Gandeng PT. BISI Internasional Tbk.

“Termasuk jika ada perubahan nama Ormas dari sebelumnya yang dicekal, akan kita laporkan ke Kemendagri dan Kemenkuham,” ucapnya.

Lanjutnya, jika ada indikasi adanya Ormas yang melanggar aturan di daerah dan belum diketahui pusat, pihaknya akan melakukan penelisikan dan mendalami informasi. “Ketika sudah jelas dan ada bukti otentik, baru kemudian dilaporkan,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: