Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Ada peningkatan aktivitas Gunung Semeru. Dari laporan, hal ini dikarenakan adanya cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini. Status gunung tertinggi di Pulau Jawa itu pun ditingkatkan.
Wawan Hadi, S

Kabid Kedaruratan BPBD Lumajang, Wawan Hadi, S menyampaikan, laporan yang ia terima dari pos pantau, status Gunung Semeru ditingkatkan menjadi waspada level II. Dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, telah terjadi gempa guguran sebanyak 32 kali dan hembusan 15 kali.

Aktivitas ini juga berdampak pada jalur pendakian gunung Semeru. Pendaki dilarang menuju pucak Mahameru. “Untuk pendaki sampai Kalimati, awan panas bisa sewaktu-waktu terjadi,” terangnya.

Selain itu, peningkatan Gunung Semeru juga berdampak kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai maupun aktivitas penambang pasir di beberapa sungai aliran lahar hujan Gunung Semeru.

Lanjutnya, perlu diwaspadai bagi penambang pasir di kawasan aliran sungai lahar dingin. Pihaknya meminta kepada masyarakat agar menjaga jarak saat melakukan aktivitas di kawasan Gunung Semeru.

“Banjir lahar dingin bisa sewaktu-waktu mengincar dan membahayakan bagi keselamatan masyarakat maupun penambang, jadi harus ekstra hati-hati,” tuturnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: