Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Tiap Hari Ratusan Truk Keluar Masuk di Tambang Ilegal

Lumajang, Motim - Petugas gabungan dari Pemkab Lumajang, Polres Lumajang, dan Kodim Lumajang kembali menggelar operasi tambang pasir. Kali ini difokuskan di dua titik lokasi. Yakni di Desa Supiturang dan Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo.
pasir besi

Operasi ini digelar lantaran setiap harinya, diketahui ada ratusan truk yang keluar masuk angkut pasir dari lokasi tambang illegal. Kepala Satpol PP Lumajang, dari informasi yang didapatkan ada sekitar 147 truk yang keluar masuk setiap hari di lokasi Supiturang saja.

“Sedangkan yang di Pronojiwo belum diketahui datanya,” ungkapnya.

Dari operasi yang sudah digelar, ada ratusan penambang di Supiturang yang diamankan. Kemudian mereka diberikan pembinaan agar tidak melakukan aktifitas lagi di lokasi tambang yang belum berizin itu.

“Ada 400 orang penambang yang kita kumpulkan. Untuk di Supiturang kita ke sana sudah sepi,” ujarnya.

Memang tidak ada tindakan yang mengarah ke ranah hukum bagi masyarakat penambang ini. Karena wewenang izin, kata Basuni, berada di pihak provinisi. “Kita arahkan agar tidak melakukan penambangan sebelum ada izin,” ucapnya.

Penambang tradisional ini, memang setiap harinya bekerja di sana untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kemudian untuk truk yang ada di sana dan yang hendak masuk sudah tidak diizinkan lagi.

“Sudah kita sampaikan jangan ambil pasir yang ilegal,” ungkapnya.

Basuni berharap pihak provinsi bisa segera mungkin menurunkan izin tambang pasir yang ada di Lumajang. “Karena masyarakat membutuhkan dan bisa bekerjasama dengan pemilik izin tambang,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: