Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » ADD dan DD di Gucialit Terserap Seratus Persen

Lumajang, Motim - Evalusi penyerapan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dilakukan di semua kecamatan. Komisi A DPRD Lumajang bersama dengan Inspektorat Lumajang dan Dinas Pemberdayaan Manusia dan Desa (DPMD) Lumajang melakukan evaluasi secara bergantian.
Dra. Hj. Nur Hidayati

Seperti yang sudah dilakukan, di Kecamatan Gucialit pada Rabu (13/12), lalu. Semua desa di Kecamatan Gucialit mampu menyerap anggaran ini dengan bagus. Bisa terserap seratus persen.

Ketua Komisi A DPRD Lumajang, Dra. Hj. Nur Hidayati menyampaikan, dari sekian kecamatan yang sudah dikunjungi atau dievaluasi, hingga saat ini, Gucialit menjadi satu-satunya yang sudah menyerap dengan baik.

Untuk kecamatan lainnya, masih ada yang belum terserap. Ada sejumlah desa yang masih belum menyerap semua anggaran tersebut. Untuk alasannya macam-macam, dari pelaksanaan pembangunan yang molor, administrasi, dan kendala pada SDM yang ada.

Nur Hidayati menegaskan, evaluasi ini dilakukan untuk mengawasi penggunaan ADD dan DD. Memang tidak semua kecamatan akan dikunjungi. “Kita random dan sampling saja. Untuk mengawasi budgeting, kontroling, dan legislasi,” ungkapnya.

Hal ini dilakukan juga untuk efektivitas dan efesiensi waktu dalam penyerapan dan pengelolaan anggaran bagi desa. “Karena tanggal 15 Desember sudah tutup anggaran. Perlu kiranya kami mengevaluasi dengan mengundang kades, BPD, bendahara, dan pendamping desa” terangnya.

Ia menegaskan, evaluasi ini juga mengecek semua desa, sudah berapa persen menindaklanjuti LHP Inspektorat selama ini. “Karena yang kami ketahui tahun 2015 dan 2016, tindak lanjutnya juga masih banyak yang belum terrealisasikan,” ujarnya.

Ditambah lagi, pada tahun depan, akan diberlakukan sistem baru yang sudah terintegrasi secara digital dan online. “Apalagi sistem online Inspektorat tahun depan akan diberlakukan. Sehingga temuan-temuan tahun sebelumnya akan selalu muncul jika belum ada tindak lanjut,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: