Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Cuaca buruk melanda Lumajang akhir-akhir ini. Hampir setiap hari hujan deras disertai angin menerjang Lumajang. Hal ini berdampak pada banyaknya pohon yang tumbang. Kondisi ini tentunya membahayakan, utamanya di wilayah kota.
ruang terbuka hijau

Untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang lagi, Pemerintah Kabupaten Lumajang sudah melakukan penebangan pohon yang dinilai sudah mati dan membahayakan. Seperti kondisi akar yang rapuh, cepat dilakukan penebangan.

Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau, Yuli Haris mengatakan, penebangan pohon yang dinilai membayakan dilakukan secara bertahap. “Segera kita tangani semua. Kita lakuka penjadwalan,” ujarnya.

Sementara untuk pohon yang dinilai tidak begitu membahayakan, hanya cukup dilakukan pemotongan pada ranting-rantingnya. “Karena juga atas pertimbangan, agar tidak rimbun,” lanjutnya.

Sejauh ini, juga sudah banyak pengaduan dari masyarakat terkait keberadaan pohon yang membahayakan. Ada puluhan laporan yang masuk pada DLH dan akan segera ditangani. “Kalau kondisinya perlu dirawat, kita rawat. Tapi jika tidak bisa, ya kita tebang,” ungkapnya.

Pohon yang dilaporkan, seperti akarnya yang merusak trotoar, doyong, dan akarnya yang lapuk. Yuli Haris menjelaskan, ada banyak pohon di Lumajang yang sudah tua dan perlu adanya peremajaan.

Peremajaan yang akan dilakukan butuh proses yang cukup lama. Karena sebelum melakukan pemotongan pada pohon yang tua, pohon baru yang ditanam harus benar-benar sudah tumbuh dengan baik.

“Karena kita tidak bisa asal menebang pohon. Seperti diketahui, pohon menjadi kebutuhan bagi kita. Satu pohon bisa mensuplai oksigen untuk dua orang sepanjang hidup,” ujarnya.

Pohon baru yang akan ditanam nanti, akan dipilih pohon yang bukan hanya untuk fungsi lindung. Namun juga memiliki nilai estetika. Seperti untuk keindahan dan dipilih pohon yang akarnya banyak tumbuh ke tanah. “Agar tidak merusak trotoar,” tegasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: