Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Salah satu anggota komplotan pencurian Dump Truck Nopol P 9382 UZ milik Ahmad Siantono, warga Desa Wilunguan, Kecamatan Kencong, Jember, berhasil diringkus oleh tim Reserse Mobile (Resmob) Sat Reskrim Polres Lumajang dibackup oleh Resmob Sat Reskrim Polres Grobogan, Polda Jawa Tengah.
Kecamatan Trucuk, Jawa Tengah

Pelaku yang berhasil diringkus adalah Budi Nugroho (38), warga Desa Muteran, Kecamatan Trucuk, Jawa Tengah. Sedang tiga pelaku yang lain masing-masing bernama Dul, Iksan dan Kotik yang identitasnya sudah dikantongi masih dalam pengejaran petugas gabungan Resmob Polres Lumajang dan Resmob Polres Grobogan.

“Budi Nugroho ditangkap di sekitar waterboom jalan raya Purwodadi, Semarang lengkap dengan Dump Truck yang dicurinya,” tutur Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Roy Aquary Prawirosastro, SH kepada Memo Timur.

Menurut keterangan pelaku ini, aksi pencurian ini sudah direncanakan oleh 4 pelaku pada Sabtu (9/12), sehari sebelumnya, bertempat di sebuah warung nasi yang terletak di wilayah Desa/Kecamatan Kencong. Dasar otak pencuri, tak lama kemudian menemukan sasaran aksi kejahatannya, yakni Ahmad Siantono.

4 pelaku ini menawari korban untuk mengangkut pasir dari Lumajang menuju ke Jember dengan ongkos sebesar 1, 4 juta sekali angkut. Korban langsung mengiyakan, pelaku pun terus memberikan pembayaran dimuka alias Down Payment (DP) sebesar 200.00 ribu.

Minggu (10/12), 4 orang pelaku ini menemui korban di sebuah warung di daerah Pasirian. Salah satu pelaku bernama Iksan memberinya kopi yang sudah dicampur obat tidur kepada korban. Beberapa saat kemudian korban pun mengaku ngantuk dan tidur di dalam truck.

Melihat korban tidur, pelaku bernama iksan pun terus mengemudikan Dump Truck berisi pasir menuju Probolinggo untuk membuang pasir yang diangkutnya. Sedang 3 pelaku yakni Dul, Kotik dan Budi Nugroho mengikuti di belakangnya menggunakan mobil Avanza.

Usai menurunkan pasir, Iksan terus membawa truck ke arah Surabaya. Sesampai di wilayah Tanggulangin, Iksan menghentikan Dump Trucknya di tepi jalan lalu membuang korban dengan cara dibopong. Kemudian Iksan melanjutkan perjalananya.

Setelah keluar dari pintu tol Bunder Gresik, Iksan turun digantikan Budi Nugroho. “Yang membawa Dump Truck ke Jawa Tengah itu Budi Nugroho. Iksan membuntuti di belakangnya menggunakan mobil Avanza bersama Dul dan Kotik,” ungkapnya.

Beberapa jam kemudian, korban terbangun dari tidurnya dan sadar jika dirinya menjadi korban pencurian, korban terus melaporkan kejadian yang menimpanya ke Polres Sidoarjo. Karena lokasi kejadiannya wilayah Polres Lumajang, oleh petugas Polres Sidoarjo laporan korban dilimpahkan ke Polres Lumajang.

Atas dasar laporan korban itulah, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres Sidoarjo juga dengan Sat Reskrim Polres jajaran wilayah barat. Atas kecepatan penanganan, 1 dari 4 pelaku berhasil ditangkap di wilayah Polres Grobogan Jawa tengah lengkap bersama BB Dump Truck.

“3 pelaku lagi masih dalam pengejaran tim Resmob Polres Lumajang dan Resmob Polres Grobogan juga dibantu Resmob Polres Sidoarjo. Kalau Budi Nugroho sudah jebloskan ke rumah tahanan Polres Lumajang,” pungkas Roy Aquary. (cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: