Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Cokelat Lumajang Mulai Banyak Diminati

Lumajang, Motim - Ada satu lagi komoditi dari Lumajang potensial. Biji cokelat dari Lumajang nampaknya mulai banyak diminati luar daerah. Sudah banyak permintaan secara rutin dari pembeli di sejumlah daerah di Indonesia.

Kepala Dinas Perdagangan Lumajang, Drs. Agus Eko mengatakan, pihaknya tidak menyangka jika biji cokelat yang selama ini tidak begitu dilirik, kini banyak permintaan. Seperti yang terlihat pada Pasar Lalang di Sidoarjo kapan hari, ada transaksi besar komidir cokelat.

“Pada pasar lelang kita ikutkan beberapa komoditi, ternyata komoditi cokelat banyak diminati,” katanya. Bahkan, kata dia, sedikit demi sedikit nanti cokelat bisa menyaingi komoditi kopi.

Kebun cokelat di Lumajang paling banyak di wilayah Kecamatan Senduro dan Pronojiwo. Sejauh ini, pihaknya masih belum mengetahui secara detail besaran produksi yang dihasilkan setiap panen.

Namun yang pasti, setiap tiga bulan sekali, hasil panen cokelat ini akan dikirim pada pembeli di luar daerah. “Bukan hanya Blitar, di daerah Jawa Barat juga banyak peminatnya,” ucap Agus Eko pada Memo Timur.

Dengan adanya potensi ini, pihaknya bersama dengan isntansi terkait lainnya akan mencoba mengembangkan komoditi satu ini. Agar kualitasnya tentunya lebih bisa bagus lagi. Lebih maksimal.

Dengan begitu, peminat cokelat dari Lumajang bisa lebih banyak lagi. Keuntungan yang didapat dari petani juga lebih besar. Dan bisa untuk memenuhi permintaan dari daerah-daerah di Indonesia.

Selain cokelat, komoditi yang banyak laku pada pasar lelang lalu, adalah kentang dan jagung. Bahkan untuk jagung pipilan dan janggel jagung juga tidak disangka laku keras. Karena untuk campuran makanan ternak. Bahkan kabarnya juga akan diekspor,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: