Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » DLH Antisipasi Bencana Pohon Tumbang

Lumajang, Motim - Hujan deras disertai angin yang melanda wilayah Kabupaten Lumajang sejak dua bulan terakhir, membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus melakukan perampingan terhadap ranting pohon yang lebat dan berpotensi mudah patah.
Ir. Nurul Huda

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Ir. Nurul Huda kepada Memo Timur menyampaikan, perampingan ranting terus dilakukan dari ruas jalan satu ke ruas jalan lainnya, utamanya di wilayah jantung kota, selain untuk memperindah kota juga sebagai upaya antisipasi terjadinya bencana pohon tumbang.

2 pekan kemarin, sedikitnya ada 2 rumah warga wilayah dalam tertimpa pohon tumbang. Meski kerusakannya tergolong ringan, dan sudah dilakukan perbaikan oleh DLH bersama Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD), namun pihaknya tidak menghendaki bencana pohon tumbang itu terjadi lagi.

“Makanya, kami perintahkan petugas untuk terus melakukan croscek terhadap semua pohon yang berdiri tegak di kanan kiri sepanjang jalan wilayah kota Lumajang. Jika mendapati ranting lebat dan berpotensi mudah patah untuk langsung dirampingkan,” kata Nurul.

Pihaknya kata Nurul juga memerintahkan petugas untuk menebang pohon yang sudah tua dan lapuk. Karena hal itu juga berpotensi terjadi bencana pohon tumbang dan roboh sewaktu-waktu. Apalagi, belakangan ini hujan disertai angin terus mengguyur Lumajang.

Meski ranting pohon itu tidak lebat, tapi menutupi lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) atau rambu-rambu lalu lintas, pihaknya tetap akan merampingkannya. “Biar PJU tidak terganggu dan jalan semakin terang, rambu-rambu pun semakin mudah dibaca oleh masyarakat pengendara motor,” tegasnya.(cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: