Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Meningkatnya aktivitas Gunung Agung di Bali dan Gunung Sinabung di Sumatera Utara, juga berpengaruh pada gunung api lainnya yang ada di Indoenesia. Ada beberapa gunung yang juga diwaspadai. Gunung Semeru salah satunya.
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi

Informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), ada 18 gunung dalam status waspada. Termasuk Gunung Semeru dan juga Gunung Bromo di Probolinggo yang tak jauh dari Lumajang.

Sementara, laporan terakhir dari Pos Pengamatan Gunungapi Semeru, tidak ada peningkatan aktifitas yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelumnya. Gunung Semeru masih berstatus waspada.

Namun dengan adanya kondisi seperti ini, jalur pendakian masih dibuka. Namun pendakian disarankan sampai Kalimati saja. Karena tidak boleh ada aktivitas di radius 4 kilometer dari puncak.

“Karena dikhawatirkan, awan panas yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi.

Himbauan juga disampaikan pada masyarakat yang berada di kawasn Daerah Aliran Sungai (DAS) Semeru. Diantaranya di dekat bantaran sungai Besok Bang, Kembar, Kobokan dan Besok Sat.

“Harus selalu waspada terhadap bahaya banjir, dikhawatirkan di puncak terjadi hujan lebat,” katanya.

Seperti diketahui, cuaca buruk melanda Lumajang akhir-akhir ini. Hujan lebat hampir terjadi setiap hari. Hal ini tentunya dikhawatirkan ada banjir lahar dingin dari Gunung Semeru yang membahayakan masyarakat. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: