Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Kapolres: Pilkades Serentak 8 Desa Optimis Berjalan Damai

Lumajang, Motim - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 8 Desa yang tersebar di 6 Kecamatan berlangsung hari ini, mendapat pengamanan sekitar 883 personil gabungan yang terdiri dari 383 personil Polres Lumajang, 100 Brimob Polda Jatim, 60 Polres Jember, 31 Polres Probolinggo, 29 Polres Bondowoso dan 80 personil Sat Pol PP.
AKBP Rachmad Izwan Nusi, SIK, MH

Kapolres Lumajang, AKBP Rachmad Izwan Nusi, SIK, MH ketika dikonfirmasi Memo Timur menyampaikan, personil gabungan sebanyak itu akan diterjunkan ke 8 Desa penyelanggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), antara lain Desa Tempurejo, Kecamatan Tempursari, Desa Jatigono, Kecamatan Kunir.

Desa Desa Tukum, Kecamatan Tekung, Desa Umbul, Kecamatan Kedungjajang, Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, Desa Tempeh Lor, Kecamatan Tempeh, Desa Penanggal dan Desa Candipuro, Kecamatan Candipuro.

Maksud dan tujuannya tidak lain untuk memberikan pengamanan semaksimal mungkin, sehingga proses pelaksanaan Pilkades di 8 Desa tersebut benar-benar tercipta situasi dan kondisi aman dan kondusif.

“Kalau situasi dan kondisi Desa penyelanggara Pilkades sudah aman dan kondusif, proses pelaksanaan Pilkades pasti berjalan lancar Mas,” ungkap Kapolres Lumajang.

Awalnya dari 8 Desa penyelanggara Pilkades ada 7 Desa yang dianggap rawan terjadi komflik. Namun, setelah pihaknya bersama jajaran terkait rajin turun menemui para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat di masing-masing desa itu, termasuk Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades), akhirnya diperoleh kesepakatan Pilkades Damai.

Meski sudah mendapat jaminan Pilkades damai, pihaknya tak ingin kecolongan adanya gerakan yang tiba-tiba terjadi yang dilakukan oleh pendukung atau simpatisan salah satu Bacakades yang kalah, karena tidak puas dengan hasil yang diperolehnya, maka pihaknya siagakan pasukan khusus yang dianggotai oleh personil Brimob Polda Jatim.

“Pasukan Khusus ini kami tempatkan berdekatan, sebagai upaya antisipasi terjadinya kisruh dan lain-lain. Biar bisa cepat mengatasi semua permasalahan yang terjadi. Pasukan khusus itu merupakan pasukan inti kami,” ungkapnya lagi.

Pengamanan Pilkades juga dibantu oleh petugas perlindungan masyarakat (Linmas) dari masing-masing desa penyelanggara Pilkades dan jumlahnya tidak sedikit. Masing-masing Desa penyelenggara Pilkades sedikitnya mengeluarkan 10 hingga 20 personil Linmas.

“Dengan pengamanan sekuat ini, kami optimis Pilkades serentak di 8 Desa ini akan berjalan lancar, aman dan kondusif. Personil sudah menempati titik-titik sesuai tugasnya masing-masing,” pungkas Rachmad Izwan Nusi.(cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: