Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Ketua Komisi D DPRD Lumajang, Sugianto, SH menyebut, belum semua desa di Lumajang memiliki Perpustakaan desa (Perpusdes). Padahal, perpustakaan desa tersebut wajib dimiliki desa sesuai dengan Peraturan Kementrian Desa.

Menurut dia, perpustakaan tersebut wajib dimiliki untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Namun, sampai saat ini belum seluruh desa memiliki perpustakaan.

“Padahal Permendes sudah menyebutkan 5 persen dari dana desa (DD) diperuntukkan untuk alokasi perpustakaan desa,” ujar Sugianto.

Dengan demikian, sangat ironis jika sampai saat ini tidak semua desa memiliki perpustakaan pribadi. Padahal jika melihat Peraturan Kementerian Desa (Permendes) ada alokasi dana yang diperuntukkan untuk pengadaan perpustakaan desa.

“Saat ini hanya 64 desa saja yang peduli terhadap perpustakaan desa ini. Sedangkan sisanya bisa dikatakan tidak memanfaatkan dana tersebut untuk pembuatan perpustakaan desa,” ungkapnya.

Maka dari itu pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) agar memberikan penekanan terhadap pemerintah desa. Agar yang sudah menjadi peraturan dalam Permendes sendiri bisa diaplikasikan.

Paling tidak dia menegaskan, pemerintah dalam hal ini memberikan semacam himbauan atau instruksi agar pemerintah desa melaksanakan aturan tersebut. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: