Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Lumajang Dinilai Peduli Terhadap Hak Asasi Manusia

Lumajang, Motim - Lumajang dinilai menjadi salah satu kabupaten yang peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM). Hal ini dibuktikan dengan diraihnya Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM. Penghargaan tersebut diserahkan pada puncak acara peringatan Hari HAM Sedunia ke-69 Tahun 2017, Minggu (10/12) di Ballroom The Sunan Hotel Solo Jawa Tengah.
dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes

Pada peringatan Hari HAM Sedunia tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir dan menyerahkan penghargaan bersama Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly kepada sejumlah kepala daerah yang berhasil menjadi daerah yang peduli terhadap HAM.

Kepala Bagian Humas Setda Lumajang, Drs. Aziz Fahrurrozi menyampaikan, penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM didasarkan dalam 7 aspek. Meliputi Hak atas Kesehatan, Hak atas Pendidikan, Hak Perempuan dan Anak, Hak atas Kependudukan, Hak atas Pekerjaan, Hak atas Perumahan dan Hak atas Lingkungan yang berkelanjutan.

Dalam sambutan presiden, kata Aziz, bahwa pemerintah telah berusaha keras untuk memenuhi dan menjamin hak-hak masyarakat. Seperti hak sosial, kultural, ekonomi, dan hak berpolitik. Maka dari itu, pemerintah harus bekerja nyata dan konkret.

Presiden juga mengajak para pemimpin daerah untuk senantiasa turun ke bawah agar mengetahui masalah-masalah dalam masyarakat. Misalnya dengan melakukan kegiatan blusukan seperti yang sering ia lakukan.

“Hal itu sebagai upaya agar pemimpin daerah besinggungan langsung, mendengarkan keluh kesah masyarakat, lalu tercipta solusi sebagai langkah pemerataan HAM kepada masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes hadir dan menerima Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) yang diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM.

“Penghargaan ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Lumajang senantiasa terus berupaya memenuhi hak dasar masyarakat dalam pembangunan,” ujar Wakil Bupati Lumajang Buntaran usai menerima penghargaan.

Penghargaan ini, kata dia, adalah hasil dari kerjasama seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk saling mendukung dalam mewujudkan kabupaten yang peduli terhadap HAM.

“Hal ini karena Kabupaten Lumajang dinilai telah memenuhi parameter penilaian dengan terpenuhinya hak masyarakat,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: