Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Dinas Pertanian Lumajang kembali menggelar Festival Kopi. Kali ini untuk memeriahkan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-762. Puncak acaranya digelar Minggu, (17/12) di Alun-Alun yakni nyruput bareng Kopi Lemongan Semeru (Kolesem).
as'at malik

Ada ribuan gelas kopi yang dibagikan secara gratis pada masyarakat yang hadir ke sana. Banyak kafe atau warung kopi yang ada di Lumajang ikut ambil bagian dalam acara ini. Para barista yang bertugas menyajikan minuman kopi yang terbaik dari Kolesem.

Seperti diketahui, bubuk kopi disediakan oleh panitia, tugas barista dari kafe atau warung kopi yang kemudian meraciknya menjadi minuman yang bisa dinikmati oleh masyarakat yang menyerbu Alun-Alun.

Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag yang hadir dalam acara ini mengatakan, jika ini merupakan cara bagus untuk mengenalkan salah satu produk unggulan dari Lumajang. Kolesemn sudah dikenalkan sejak 2 tahun terakhir.

Jadi, selain dinikmati oleh warga Lumajang, diharapkan kopi ini juga bisa dinikamati oleh warga luar daerah. “Kita terus kembangkan potensi yang ada. Contohnya kita maksimalkan, Kolesem ini,” ungkapnya.

Lumajang memang menjadi salah satu daerah penghasil biji kopi andalan. Karena perkebunan yang ada berada di tempat yang sangat menunjang untuk tanaman kopi itu bisa bertumbuh dengan baik dan maksimal.

“Yang menjadi andalan adalah di lereng Gunung Semeru dan Lereng Gunung Lemongan,” ucapnya.

Bahkan, untuk menunjukkan keseriusan dalam mengembangkan potensi yang satu ini. Logo Kolesem secara resmi diorbitkan oleh bupati di acara Proses Harjalu, Jumat (15/12) lalu. Dengan harapan Kolesem bisa lebih mudah dikenal.

Kepala Dinas Pertanian Lumajang, Ir. Paiman menyebutkan, potensi kopi di Lumajang memang begitu besar. Hal ini terlihat luasan lahan perkebunan kopi yang ada. Saat ini ada sekitar 4 ribu hektar lahan perkebunan kopi di lereng Semeru dan Lemongan yang menghasilkan kopi dengan kualitas bagus. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: