Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Optimalkan Fungsi Penyuluh Pertanian

Lumajang, Motim - Kantor Unit Pelaksana Terpadu-Balai Penyuluhan Pertanian (UPT. BPP) Kecamatan Kunir, yang berlokasikan di Desa Kunir Lor diresmikan Bupati Lumajang, Drs. H. As'at Malik, M.Ag, Minggu (3/12).
as'at malik

Bupati menyambut baik adanya kantor baru ini. Ia juga berharap dapat bermanfaat bagi kelompok tani ini dapat menjadi pusat data dan informasi pertanian di tingkat kecamatan. “Serta dijadikan pusat pendidikan, pelatihan serta pusat pengembangan kemitraan,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini menjadi salahsatu penunjang peningkatan sektor pertanian di Lumajang. Bupati meminta petani agar mengelola pertaniannya secara maksimal. “Lumajang dikaruniai tanah yang subur dengan hasil bumi yang melimpah, untuk itu semoga pertanian senantiasa mendapatkan berkah,” ungkapnya.

Di kesempatan yuang sama, Kepala Dinas Pertanian Lumajang, Ir. Paiman, mengatakan, peran penyuluh pertanian juga perlu diperkuat dan dioptimalkan. Fungsinya untuk menyikapi perkembangan dinamika yang harus dihadapi oleh para petani.

“Fungsi lainnya, sebagai penyebarluasan informasi dan teknologi pertanian secara cepat, efektif dan efisien,” ucapnya.

Sebagai bentuk rasa syukur atas diresmikannya kantor UPT. BPP Kecamatan Kunir, Dinas Pertanian Lumajang menggelar pagelaran wayang semalam suntuk dengan lakon “Dewi Sri”. Dengan dalang Ki Yoyok Risdianto.

“Untuk menghibur masyarakat sekaligus sedekah desa,” katanya.

Lanjutnya, pengambilan lakon “Dewi Sri” merupakan permintaan dari kelompok tani Kunir. Dewi Sri dalam cerita pewayangan merupakan lambang kemakmuran hasil bumi. Dengan mengangkat lakon tersebut, diharapkan hasil bumi petani di Kabupaten Lumajang sama dengan cerita yang dibawakan.

“Serta dikaruniai hasil yang melimpah,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: