Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Pengelolahan Dana Desa di Kecamatan Senduro

Pendamping Desa Bantu Penuh Penyusunan SPJ

Lumajang, Motim - Penggunaan Dana Desa (DD) mendapat pengawalan serius dari pemerintah. Hal ini dikarenakan, DD bisa terserap dan dikelolah dengan baik. Demi pembangunan desa yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.
kecamatan senduro

Di Kecamatan Senduro misalnya, dikatakan, pengelolahan DD secara garis besar tidak menemui kendala yang serius. Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Senduro, Suwito mengatakan, desa penerima DD terendah adalah Ranupani Rp 783 Juta. Kemudian yang tertinggi adalah Kandang Tempus Rp 919 Juta.

“Tidak ada masalah yang signifikan,” katanya.

Memang untuk penyusunan laporan atau Surat Pertanggungjawaban (SPJ) ada beberapa desa yang terlambat dalam penyusunan. Hal ini dikarenakan proses pembangunan fisik yang masih berjalan. “Namun pelaksanaan tetap lancar,” lanjutnya.

Ada dua desa di Kecamatan Senduro yang mendapat perlakukan khusus karena belum terisi perangkat desa. Seperti diketahui di Desa Ranupani dan Argosari tidak ada masyarakat yang berminat menjadi perangkat.

Sebagai alternatifnya, pihaknya memaksimalkan peran pendamping desa. Mereka diminta lebih membantu penuh dalam penyusunan administrasi. Sehingga administrasi bisa terselesaikan sesuai dengan aturan dari pusat.

“Alhamdulillah kedua desa itu masalah administrasi dan serapan anggaran juga tidak ada kendala,” jelasnya.

Pengelolahan DD, kata Suwito memang sejauh ini tidak ada masalah. Karena pihak desa atau kepala desa memahami betul aturan pelaksanaan. Bahkan pendampingan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten.

Kepala desa juga sering mengikuti bimbingan teksnis yang diselenggarakan. Termasuk juga pendampingan yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Lumajang. Agar kades tidak melakukan kesalahan yang berdampak pada ranah hukum.

“Sehingga kades sangat takut dan bisa menjaga amanah,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: