Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Pengumpulan Zakat Sulit Capai Target

Lumajang, Motim - Di penghujung 2017, pendapatan zakat yang terkumpul di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang mencapai Rp 4,7 Miliar. Namun nampaknya pendapatan di tahun ini tidak mampu mencapai target yang telah dipasang.
As'at malik

Seperti diketahui, Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag sebelumnya, menargetkan zakat yang terkumpul di Baznas bisa mencapai Rp 5 miliar. Di sisa Desember, pihak Baznas menegaskan, jika pesimis tidak mampu mencapai target itu.

Wakil Ketua Baznas Lumajang, H. Karmat, mengungkapkan, ada sejumlah kendala yang menyebabkan target itu tidak tercapai. Pertama, jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang berkurang.

Di tahun sebelumnya, ada 10 ribu PNS yang setia menyalurkan zakatnya ke Baznas. Namun di tahun ini, berkurang menjadi 8.500 PNS. Sebagian PNS ada yang sudah pensiun. Sebagian lagi ditarik ke Pemprov Jatim.

Tak hanya itu, di tahun ini pengumpulan zakat di tingkat SMA/SMK tak lagi ke Baznas Lumajang. Namun langsung ke Baznas Provinsi. “Hal ini dikarenakan SMA/SMK sudah langsung dibawah naungan Pemprov Jatim,” katanya.

Karmat menambahkan, dari capaian tahun ini, sebenarnya mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di 2016 zakat yang terkumpul mencapai R 4,6 miliar.

“Mungkin nanti di tahun 2017 bisa didapat 4,8 miliar,” jelasnya.

Di penghujung 2017 ini, ada sejumlah agenda penyaluran zakat. Seperti beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa. “Kita juga akan adakan khitan massal dan masih banyak kegiatan lainnya,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: