Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Anggaran Renovasi RTLH Meningkat di 2018

Salahsatu rumah yang mendapat bantuan
Salahsatu rumah yang mendapat bantuan
Lumajang, Motim - Anggaran dana untuk renovasi Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di Lumajang ditingkatkan di tahun ini. Sebelumnya yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017, per rumah mendapat Rp 7,5 juta. Tahun ini akan meningkat menjadi Rp 10 juta per rumah.

Kepala Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lumajang, Ir. Imam Suryadi mengatakan, anggaran tiap rumah memang ditingkatkan, namun untuk kuotanya akan berkurang. Jika sebelumnya lebih dari seribu rumah, di 2018 akan dibawahnya.

“Memang jumlahnya berkurang. Sekitar 900 rumah,” katanya.

Sedangkan khusus untuk bantuan renovasi RTLH di kawasan kota atau Program Kotaku, kuotanya mencapai 300 rumah lebih. Anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) akan diperuntukkan untuk rumah di 4 kelurahan.

“Ada Kepuharjo, Citrodiwangsan, Rogotrunan, dan Tompokersan,” jelasnya.

Kemudian bantuan dari pusat melalui APBN, akan diarahkan untuk RTLH yang ada di kawasan Lumajang bagian utara. Imam menegaskan, pihaknya sudah mengusulkan bantuan untuk 200 rumah.

“Jika nanti direalisasi, per rumah dapat Rp 15 juta,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga mengajukan Program Rumah Khusus Dampak Sosial. Ada 200 rumah yang diajukan untuk dibangun di tanah milik pemerintah. Karena nantinya juga akan menjadi aset pemerintah.

“Tinggal diatur nantinya, mekanisme dengan instansi terkait,” ucapnya.

Ia menambahkan, dari evaluasi program yang rampung dilaksanakan pada tahun kemarin, secara umum bisa dikatakan berjalan dengan baik. Khususnya untuk Program Kotaku, telah diapresiasi oleh Pemerintah Provinsi.

“Saat presentasi yang lalu, pelaksanaan kita dinyatakan terbaik,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: