Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

KPU menyerahakan hasil penelitian pada pihak paslon. (fit)
Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang mengumumkan hasil penelitian administrasi berkas bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lumajang 2018. Berkas pendaftaran ketiga paslon dinyatakan lolos. Namun ada catatan dari KPU Lumajang, untuk dilakukan penyempurnaan dalam berkas tersebut.

Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah, SE menyampaikan, psikotes dan tes kesehatan merupakan syarat terakhir yang harus diikuti paslon. Dalam tes yang dilakukan di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang itu ketiganya dinyatakan memenuhi syarat.

“Semuanya dinyatakan sehat wal afiat baik jasmani dan rohani. Ketiganya memenuhi syarat,” katanya saat dalam Rapat Pleno Terbuka yang digelar di Hotel Gajah Mada, Rabu (17/1).

Meski berkas administrasi sudah dinyatakan lolos, Siti Mudawiyah menegaskan, jika ada beberapa catatan yang diberikan kepada paslon untuk penyempurnaan. Namun itu hanya catatan kecil. “Itu tidak terlalu signifikan,” ujarnya.

Ia mencontohkan, seperti terkait ijazah dari paslon. Ada legalisir ijazah yang tidak dilengkapi dengan tanggal registrasi dan pengesahan. “Jadi kita minta agar dipenuhi,” ujarnya pada sejumlah wartawan.

Memang tidak banyak kekurangan dokumen yang harus diperbaiki atau dilengkapi oleh para paslon. Dan ada waktu yang diberikan oleh KPU Lumajang untuk memperbaikinya. “Rata-rata tidak banyak, hanya satu atau dua saja. Seperti surat pernyataan yang belum dibikin,” unkapnya.

Sementara terkait hasil psikotes dan tes kesehatan, pihak KPU Lumajang tidak diberikan rincian hasil tersebut. Pihaknya hanya menerima berita acara yang menyatakan jika paslon tersebut memenuhi syarat.

“Artinya ketiganya juga dinyatakan negatif narkoba,” ucapnya.

KPU Lumajang memberikan waktu perbaikan berkas selama 4 hari. Berkas paling lambat diserahkan ke Kantor KPU pada 20 Januari mendatang dan akan dilakukan penelitian berkas lagi oleh KPU. Sementara penetapan paslon dilakukan pada 12 Februari yang akan datang. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: