Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang yang dilaksanakan oleh UPT-BPP Kecamatan Pronojiwo melakukan pendampingan Pengembangan Kawasan Cabai Merah Desa Oro-oro Ombo Kecamatan dan Pengembangan Kawasan Salak serta Panen Padi Bersama di Desa Supiturang secara maraton.
ir. paiman

Kepala Dinas Pertanian Lumajang, Ir. Paiman mengapresiasi Kelompok Tani Among Tani karena semangat yang tinggi serta kompak mengembangkan pertanian di daerahnya. Dalam hal ini, Ia juga menyampaikan mengenai Pengembangan Kawasan Holtikultura Cabai Merah yang terintegrasi guna peningkatan pembinaan dan pemberantasan hama penyakit.

“Kita berikan bantuan sarana produksi juga untuk perbaikan mutu produk,” katanya.

Ir. Paiman juga menyoroti tentang produktivitas dan provitas panen padi tentang data dan fakta terkait hasil ubinan di lapangan. Koramil melalui Babinsa di desa-desa juga berperan, diantaranya yakni melaporkan potensi lahan pertanian padi. Seperti mengenai luas tambah tanam (LTT) per-desa.

Tingkat produktivitas dan provitas padi juga harus dihitung, dinilai secara obyektif, merata dan proporsional di kawasan lahan pertanian padi. “Agar terjadi balance atau keseimbangan antara padi yang ditanam dan padi yang dipanen semata-mata untuk menjaga kedaulatan pangan kita,” ujar Paiman.

Lebih lanjut, terkait pengembangan kawasan tanam salak, dimana sebelumnya lahan ditanami singkong, dengan adanya program 10.000 bibit salak bisa dikembangkan menjadi Agribisnis Hortikultura Salak. Hal ini karena salak Pronojiwo merupakan salah satu komoditi unggulan holtikultura di Kabupaten Lumajang dengan luasan lebih dari 460 ha di wilayah Kecamatan Pronojiwo. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: