Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Dra. Hj. Nur Hidayati, M.Si
Kunjungan Komisi A ke KPU Lumajang
Lumajang, Motim - Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang melakukan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang. Hal ini dilakukan untuk melihat kesiapan KPU dalam menyelenggarakan Pemelihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Ketua Komisi A, Dra. Hj. Nur Hidayati, M.Si menyampaikan masih ada beberapa hal yang harus lebih dimaksimalkan oleh KPU. Misalnya terkait sosialisasi kepada masyarakat untuk memberikan hak suaranya dalam Pilkada mendatang.

Selama ini, Komisi A menilai sosialisasi yang dilakukan hanya di tingkat elit saja. Tidak sampai ke tingkat yang paling bawah. “Sosialisasi perlu dilakukan lebih intensif lagi,” kata dia pada Memo Timur, Selasa (16/1).

Sosialisasi ke tingkat bawah atau langsung terjun ke masyarakat dengan door to door perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Agar mereka terlibat dan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memilih.

Hal ini tentunya juga untuk meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalan Pilkada mendatang. Seperti diketahui, dalam Pilkada Lumajang dua edisi terkahir, jumlah pastisipasi masih dinilai kurang karena masih di angka 70 persen dari 800 ribu lebih pemilik hak suara.

“Jangan sampai jumlah golongan putih (golput) banyak di tahun ini,” katanya. Cara mencoblos yang benar juga harus disampaikan melalui sosialisasi, agar suara yang tidak sah jumlahnya tidak banyak.

Namun Nur Hidayati menjelaskan, informasi dari KPU Lumajang, petugas di lapangan seperti PPS (Panitia Pemungutan Suara) sudah akan diterjunkan untuk melakukan sosialisasi di tingkat bawah.

Mereka akan melakukan gerakan ceklis bersama dari rumah ke rumah. Untuk melakukan pemutakhiran data pemilih. Selain melakukan pemutakhiran, mereka akan melakukan sosialisasi juga.

“Jadi petugas juga harus tetap menjaga netralitas dan indipenden,” ungkapnya. Ia menambahkan, jumlah pemilik suara di Lumajang dalam Pilkada mendatang mencapai 882 ribu orang. Sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 1.800 lebih. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: