Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Rudi Hartono
Proses verifikasi faktual anggota partai. (fit)
Lumajang, Motim - Partai Berkarya dan Garuda masih menjalani proses verifikasi faktual di Lumajang. Dijadwalkan proses ini dilakukan 4-12 Januari 2018. Verifikasi harus dilakukan, mengingat kedua partai baru ini menang gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Banwas) setelah sempat dinyatakan tak lolos karena tak penuhi syarat administrasi.

Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang, Rudi Hartono mengatakan, verifikasi faktual masih dilakukan oleh tim dari KPU. Dalam proses ini, juga melakukan koordinasi dengan Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Rudi menjelaskan, mekanisme verifikasi dilakukan dengan memgambil sampling anggota sebanyak 10 persen. Partai Garuda sebanyak 220 anggota dari 2.207 anggota. Partai Berkarya sebanyak 126 anggota dari 1.267 anggota.

“Verifikasinya dilakukan door to door. Anggota harus menunjukan KTA (Kartu Tanda Anggota) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk) Elektronik,” jelasnya pada sejumlah wartawan, Rabu (10/1).

Lanjutnya, kedua partai ini bisa dinyatakan lolos, ketika minimal 100 anggota sampling yang diverifikasi memenuhi syarat. “Ketika sudah angka di atas 100, di aplikasi kita sudah memenuhi syarat,” ucapnya saat ditemui di kantornya.

Rudi mengungkapkan, untuk Partai Garuda verifikasi memang tinggal verifikasi faktual keanggotaan, untuk verifikasi pengurus sudah dinyatakan lolos sebelumnya. Sedangkan Partai Berkarya belum dinyatakan lolos dua-duanya dan masih proses.

Selain kedua partai tersebut, di Lumajang ada 2 lagi partai baru pendatang. Yakni Partai Serikat Indonesia (PSI) dan Perindo yang sudah dinyatakan lolos untuk Pemilu 2019 nanti. Keduanya sudah lolos verifikasi faktual.

Rudi menambahkan, sebelumnya ada 9 partai di Indonesia yang mengajukan gugatan ke Banwaslu untuk memperbaiki berkas pendaftaran usai dinyatakan tidak memenuhi syarat. “Informasinya ada 16 berkas propinsi yang belum terpenuhi,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: