Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Teguh Santoso, SH

Lumajang, Motim - Pasangan nikah siri atau tanpa mendaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) masih banyak ditemukan di Lumajang. Agar jumlahnya tidak terlalu banyak lagi, Pemerintah Kabupaten Lumajang memfasilitasi mereka agar memiliki dokumen pernikahan.

Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Lumajang, Teguh Santoso, SH menyampaikan, pihaknya bersama dengan Pemkab Lumajang dan KUA Lumajang telah memfasilitasi puluhan pasangan nikah siri untuk mendapatkan buku nikah melalui sidang isbats nikah.

Teguh Santoso menyebutkan, dari dua kecamatan yang telah ditangani, yakni Kecamatan Pasiran dan Gucialit ada 50 pasangan yang difasilitasi. 17 pasangan di Pasirian dan 33 pasangan di Gucialit.

“Dari dua wilayah ini, terlihat masih banyak pasangan yang belum punya surat nikah,” kata dia.

Isbats nikah yang dilakukan dengan terjun langsung ke kecamatan, menurut Teguh lebih efektif untuk bisa menyadarkan pasangan nikah siri untuk mengurus administrasi pernikahannya.

“Daripada kita gelar nikah massal, peminatnya sedikit,” ucapnya.

Alasan kenapa masih banyak pasangan nikah siri, Teguh mengatakan karena dari kultur masyarakat, terutama yang berada di pinggiran tidak peduli dengan administrasi nikah yang sah secara hukum. Karena memang tidak ada sanksi sosial yang dikenakan.

Padahal ada sejumlah kerugian, jika pasangan suami-istri tidak terdaftar di pemerintah sebagi pasangan yang sah. Diantaranya nanti akan kesulitan dalam mengurus akta kelahiran anaknya. Karena tidak ada bukti yang sah status pernikahan.

Teguh menambahkan, bagi pasangan yang berstatus nikah siri dan tidak mampu mengurus isbats nikah karena keterbatasan biaya, Pengadilan Agama akan menggratiskannya. Tentunya dengan mendapat pengantar dari desa dan dilengkapi surat keterangan tidak mampu.

“Demi tertib administrasi dan seharusnya segera mungkin bagi mereka yang belum bisa mengajukan pendaftaran,” ucapnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: