Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Malam Deklarasi, Pagi Daftarkan Diri

cak toriq
Thoriqul Haq – Indah saat mendaftar di KPUD Lumajang. (fit)
Lumajang, Motim - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati H. Thoriqul Haq, MML-Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si nampaknya bergerak cepat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pillkada) Lumajang 2018. Mereka menjadi paslon pertama yang melakukan deklarasi secara resmi pada Minggu (7/1) malam.

Deklarasi itu juga sekaligus dibarengkan dengan peresmian Posko Pemenangan di Jl. HOS Cokroaminoto. Paginya, Senin (8/1), keduanya sudah mendaftarkan diri secara resmi di Komisi Pemiliahan Umum Daerah (KPUD) Lumajang.

Pasangan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu datang ke Kantor KPUD Lumajang diantar ratusan pendukung. Dengan naik becak, mereka long march dari posko pemenangan disertai iring-iringan musik albanjari.

Sampai di sana, berkas pendaftaran diserahkan langsung oleh Ketua PKB Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin kepada Ketua KPUD Lumajang, Siti Midawiyah, SH di Ruang Pintar Pemilu Kirana Agung.

Kelengkapan berkas langsung diperiksa petugas. Hampir satu jam dilakukan pemeriksaan, berkas dinyatakan lengkap. Namun penelitian berkas masih akan dilakukan oleh KPUD Lumajang. “Berkas sudah lengkap. Tidak ada yang terlewat. Namu kita aka melakukan penelitian yang lebih dalam lagi,” kata Ketua KPUD Lumajang, Siti Mudawiyah, SH.

Partai pengusung paslon yang lebih akrab dipanggil Cak Thoriq-Bunda Indah memiliki jumlah 14 kursi di DPRD Lumajang. PKB 9 kursi dan Gerindra 5 kursi. “Jumlah ini memenuhi batas minimal yang ditetapkan yakni 10,” lanjut Siti Mudawiyah.

Selanjutnya, pasangan ini harus menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang selama 2 hari, pada 15-16 Januari 2017. Tes kesehatan dilaksanakan di sana sesuai dengan rekomendasi dari KPUD Jatim.

Usai dinyatakan lengkap berkasnya, Cak Thoriq menyampaikan, selain kedua partai pengusung itu, dirinya mendapat dukungan secara moral dari sejumlah partai lainnya. “Salah satunya dari Partai Perindo,” kata dia saat jumpa pers.

Kemudian ditanya target kemenangan, dirinya tidak begitu mementingkan prosentase kemenangan. Tapi karena bakal ada tiga paslon, memang jika ingin menang mutlak harus di atas 50 persen. Di Lumajang jumlah pemilih mencapai 800 ribu orang. “Kita tidak menarget prosentase kemenangan, karena kompetesi dalam Pilkada akan dinamis,” ujarnya.

Alasan dirinya menggandeng Indah, karena atas saran dari sejumlah kalangan. Banyak masyarakat yang menilai jika pasangan Cak Thoriq-Bunda Indah akan mendulang banyak suara. “Dari para kyai juga telah menyarankan,” ucapnya.

Cak Thoriq mengakui jika Indah memang lebih pengalaman di birokrasi, karena diketahui sudah menjalani karir di pemerintahan selama 25 tahun. Terakhir menjadi Kepala Dinas Kehutanan. “Sehingga nanti beliau akan lebih fokus ke sana,” ujarnya.

Sedangkan dirinya sebagai anggota DPRD Jatim, akan lebih banyak berada di lapangan. Untuk serap aspirasi masyarakat misalnya. Sehingga akan berbagi tugas dengan Indah. “Kalau soal birokrasi bupatinya Bu Indah. Kalau di luar saya bupatinya. Jadi sebenarnya tidak ada istilah N1 dan N2,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Bunda Indah menyampaikan, dirinya bersama Cak Thoriq, memiliki persamaan persepsi untuk pembangunan Lumajang yang lebih baik. Ia tidak mempedulikan dari mana partai yang mengusung. “Soal partai pengusung itu sarana,” ucapnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: