Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Bupati saat menghadiri Sosialisasi Padat Karya
Lumajang, Motim - Pembangunan plengsengan sungai sepanjang 100 meter di Desa Rojopolo, Kecamatan Jatiroto bakal melibatkan warga setempat. Dalam pekerjaan normalisasi sungai ini, akan banyak mempekerjakan warga di desa setempat.

Seperti diketahui, pembangunan yang dilakukan merupakan Program Padat Karya oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang melalaui Dinas Tenaga Kerja. Kabid Penempatan dan Perluasan, Mukhairi menyampaikan, pekerjaan difokuskan pada saluran air di Dusun Krajan.

Melalui program ini, tujuannya untuk memberdayakan warga sekitar. Diharapkan juga dapat menumbuhkan rasa memiliki pada warga masyarakat terhadap desanya. Artinya, warga dapat berpartisipasi dalam pembangunan.

“Sekaligus memelihara hasil pembangunan di desanya sendiri,” katanya saat Sosialisasi Kegiatan Perluasan kesempatan Kerja melalui Sistem Padat Karya 2018 di Desa Rojopolo, Selasa (23/1).

Lanjutnya, di sisi lain, warga juga mendapatkan penghasilan dari pekerjaan tersebut. Selain Padat Karya, Disnaker sebenarnya juga memiliki sejumlah program untuk pemberdayaan masyarakat.

“Kita juga siap memfasilitasi pelatihan untuk masyarakat yang ingin berkerja mandiri,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag mengatakan, Padat Karya lebih banyak menggunakan tenaga manusia daripada mesin. Tujuannya untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar proyek yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

“Program Padat Karya lebih digunakan dalam pembangunan sarana prasarana berbasis masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, upaya untuk menormalisasi aliran sungai yang akan dilakukan, untuk membantu pengairan untuk kebutuhan pertanian. Desa Rojopolo memiliki pontensi yang baik di bidang pertanian.

“Saya bertekad meningkatkan produksi pertanian di Lumajang dengan memaksimalkan peran masyarakat pertanian melalui pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: